Sukses

Cara Menyembunyikan Ereksi yang Datang Tiba-Tiba

Ereksi suka datang secara tiba-tiba? Jangan khawatir! Berikut cara menyembunyikannya.

Pernahkah Anda mengalami ereksi tiba-tiba di waktu yang tak terduga dan tak diinginkan? Saat di rapat besar atau pemakaman kerabat, ia bisa saja menyapa dengan gagahnya. Padahal mungkin saat itu Anda tidak sedang memikirkan hal-hal seksual sama sekali. Rasanya ingin sekali menasihati penis Anda untuk lebih tahu sikon.

Ereksi yang bersifat spontan seperti itu disebut juga random erection. Kondisi ini normal dan terjadi pada banyak pria.

Ereksi spontan dapat terjadi pada siapa saja, baik itu remaja maupun pria dewasa. Anda juga bisa mengalaminya kapan saja: saat bangun tidur, menyetir, atau bahkan ketika sedang kelelahan.  

Memang ereksi tidak hanya berkaitan dengan rangsangan seksual. Pada beberapa kasus, dapat muncul ereksi tiba-tiba yang tidak berhubungan dengan pengalaman seksual. Lalu, bagaimana caranya menyembunyikan ereksi tiba-tiba ini?

1 dari 5 halaman

1. Alihkan Pikiran

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengenyahkan ereksi tiba-tiba yang tak diundang ini adalah dengan mengalihkan pikiran. Jangan memusatkan energi pada ereksi memalukan tersebut.

Sebaliknya, distraksikan diri Anda dengan hal-hal yang membosankan atau menyebalkan, misalnya deadline pekerjaan atau kemacetan yang akan menanti sepulang kerja.

Anda juga dapat menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Karena jika terlalu gusar, orang lain malah mengira ada yang salah dengan diri Anda. Jadi, berusahalah untuk tetap rileks.

Artikel Lainnya: Stres Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Mitos atau Fakta?

2. Ubah Posisi

Anda bisa mengubah posisi duduk atau berdiri untuk membantu mengatasi ereksi spontan.

Jika celana Anda berkantong, masukkan tangan ke saku dan arahkan letak ereksi ke dekat tubuh. Trik ini dapat menyembunyikan ereksi spontan saat Anda sedang dalam posisi berdiri.

Belum berhasil juga? Anda dapat menutupinya dengan buku, jaket, tas, atau apa pun yang ada di dekat Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa pergi ke toilet sebentar untuk membetulkan “posisi parkir”.

2 dari 5 halaman

3. Meditasi

Selain membantu untuk rileks, meditasi juga dapat diaplikasikan untuk mengontrol hasrat seksual Anda. Karena itu, meditasi bisa membantu menyembunyikan ereksi di tempat umum.

Untuk langkah awal meditasi, tarik napas Anda dalam-dalam dan fokuskan diri pada napas. Bila pikiran Anda balik ke ereksi, cobalah kembali berkonsentrasi pada napas. Rasakan tarikan dan embusan napas Anda. Atau sensasi yang dialami tubuh Anda saat bernapas.

Perlu diingat bahwa meditasi membutuhkan latihan. Anda harus menjalaninya secara rutin untuk membantu menangani ereksi tiba-tiba ini. Lakukan selama beberapa menit setelah bangun pagi atau pada malam hari sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Penis Nyeri Saat Ereksi, Gejala Apa?

4. Mandi

Anda juga dapat mandi air dingin untuk meredamkan ereksi yang tak diinginkan. Meski demikian, cara ini terkadang tidak praktis, misalnya jika muncul ereksi di tempat umum. Lagi pula, untuk beberapa orang, sensasi air dingin dapat memancing gairah yang tentunya akan membuat penis makin mengeras.

Di sisi lain, beberapa orang merasa mandi air panas lebih bermanfaat untuk meredakan ereksi tiba-tiba. Mandi air panas dapat membuat Anda lebih rileks dan mengurangi gairah, sehingga ereksi pun hilang sendiri.

3 dari 5 halaman

5. Buang Air Kecil

Berkemih dapat membantu ‘mengusir’ ereksi tiba-tiba, jadi cara yang satu ini dapat Anda coba jika muncul ereksi di tempat umum.

Cobalah untuk minum lebih banyak sehingga Anda merasa ingin buang air kecil. Perasaan kebelet juga mungkin membantu mendistraksi pikiran Anda dari ereksi yang sedang muncul.

Artikel Lainnya: Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Ereksi Tahan Lama

6. Menunggu

Walaupun menyebalkan, terkadang cara yang berhasil menyembunyikan ereksi tiba-tiba hanyalah menunggu dengan sabar sampai hilang sendiri. Sementara menunggu, cobalah untuk tetap tenang, duduk, dan bernapas perlahan-lahan.

Untuk membuat Anda lebih nyaman, tutupi ereksi dengan baju, laptop, atau meja.

4 dari 5 halaman

7. Olahraga

Olahraga ringan juga dapat bermanfaat mengatasi ereksi tiba-tiba. Lakukan latihan yang mudah dijalani, misalnya berjalan cepat atau naik turun tangga.

Jika Anda mengalami ereksi tiba-tiba di saat yang tak tepat, tenang saja karena Anda bukan satu-satunya. Hal ini wajar, dan biasanya bukan merupakan indikasi penyakit. Supaya harga diri tak jatuh gara-gara ereksi yang suka datang tiba-tiba, Anda dapat menerapkan trik-trik yang sudah dijelaskan.

Di sisi lain, jika ereksi bertahan hingga empat jam atau lebih, hal ini merupakan kondisi yang segera memerlukan pemeriksaan dokter. Keadaan yang dinamakan priapismus ini memiliki potensi merusak jaringan penis jika dibiarkan.

Ingin tanya lebih lanjut mengenai topik ini? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter

[FY]

1 Komentar