HomeInfo SehatReproduksiCara Menyembunyikan Ereksi yang Datang Tiba-Tiba
Reproduksi

Cara Menyembunyikan Ereksi yang Datang Tiba-Tiba

dr. Sara Elise Wijono MRes, 10 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ereksi Anda suka datang secara tiba-tiba, tanpa melihat sikon? Jangan khawatir! Berikut cara untuk menyembunyikannya.

Cara Menyembunyikan Ereksi yang Datang Tiba-Tiba

Pernahkah Anda mengalami ereksi tiba-tiba di waktu yang tak terduga? Saat di rapat besar atau pemakaman kerabat, ia bisa saja menyapa dengan gagahnya. Padahal mungkin saat itu Anda tidak sedang memikirkan hal-hal seksual sama sekali. 

Memang, ereksi tidak hanya berkaitan dengan rangsangan seksual. Pada beberapa kasus, dapat muncul ereksi tiba-tiba yang tidak berhubungan dengan pengalaman seksual.

Ereksi yang bersifat spontan seperti itu disebut juga random erection. Kondisi ini normal dan terjadi pada banyak pria.

Walaupun masih kurang jelas apa penyebab ereksi tiba-tiba, para ahli menduga hal ini berkaitan dengan kadar hormon testosteron. Hormon ini diketahui turut berperan dalam munculnya ereksi. Dan sepanjang hari kadarnya berfluktuasi naik dan turun. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi ereksi yang muncul tiba-tiba agar tidak membuat risih? Berikut di antaranya: 

1. Alihkan Pikiran

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ereksi spontan adalah dengan mengalihkan pikiran. Jangan memusatkan energi pada ereksi tersebut.

Sebaliknya, distraksikan diri Anda dengan hal-hal yang membosankan atau menyebalkan, misalnya deadline pekerjaan atau kemacetan yang akan menanti sepulang kerja. Hal ini bisa membantu menghilangkan ereksi Anda. 

Anda juga dapat menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Karena jika terlalu gusar, orang lain malah mengira ada yang salah dengan diri Anda. Jadi, berusahalah untuk tetap rileks.

Artikel lainnya: Ini Kiat Melancarkan Aliran Darah ke Penis

2. Ubah Posisi

Anda bisa mengubah posisi duduk atau berdiri untuk membantu mengatasi ereksi spontan.

Jika celana Anda berkantong, masukkan tangan ke saku dan arahkan letak ereksi ke dekat tubuh. Trik ini dapat menyembunyikan ereksi saat Anda sedang dalam posisi berdiri.

Belum berhasil juga? Anda dapat menutupinya dengan buku, jaket, tas, atau apa pun yang ada di dekat Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa pergi ke toilet sebentar untuk membetulkan “posisi parkir”.

3. Meditasi

Selain membantu untuk rileks, meditasi juga berguna untuk mengontrol hasrat seksual Anda. Karena itu, meditasi bisa menjadi salah satu cara agar Anda tidak mudah ereksi di tempat umum.

Untuk langkah awal meditasi, tarik napas Anda dalam-dalam dan fokuslah pada napas tersebut. Bila pikiran Anda balik ke ereksi, cobalah kembali berkonsentrasi pada napas. 

Rasakan tarikan dan embusan napas Anda. Atau sensasi yang dialami tubuh Anda saat bernapas.

Perlu diingat bahwa meditasi membutuhkan latihan. Anda harus menjalaninya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Lakukan selama beberapa menit setelah bangun pagi atau pada malam hari sebelum tidur.

4. Mandi

Anda juga dapat mandi air dingin untuk meredam ereksi yang tak diinginkan. Meski demikian, cara ini terkadang tidak praktis, misalnya jika muncul ereksi di tempat umum. 

Lagi pula, untuk beberapa orang, sensasi air dingin dapat memancing gairah yang tentunya akan membuat penis makin mengeras.

Di sisi lain, beberapa orang merasa mandi air panas lebih bermanfaat untuk meredakan ereksi tiba-tiba. Mandi air panas dapat membuat Anda lebih rileks sehingga ereksi pun hilang sendiri.

Artikel lainnya: Jenis dan Prosedur Tes Ereksi Nokturnal

5. Buang Air Kecil

Buang air kecil dapat membantu mengatasi ereksi tiba-tiba, jadi cara yang satu ini bisa Anda coba jika muncul ereksi di tempat umum.

Cobalah untuk minum lebih banyak sehingga Anda merasa ingin buang air kecil. Perasaan kebelet juga mungkin membantu mendistraksi pikiran Anda dari ereksi yang sedang muncul.

6. Menunggu

Walaupun menyebalkan, terkadang cara yang berhasil menyembunyikan ereksi tiba-tiba hanyalah menunggu dengan sabar sampai hilang sendiri. 

Sementara menunggu, cobalah untuk tetap tenang, duduk, dan bernapas perlahan-lahan.

Untuk membuat Anda lebih nyaman, Anda bisa menutupi ereksi tersebut dengan baju, laptop, atau meja.

Artikel lainnya: Vakum Penis untuk Mengatasi Disfungsi Ereksi, Benarkah Efektif?

7. Olahraga

Olahraga ringan bisa menjadi cara mengatasi ereksi tiba-tiba. Lakukan latihan yang mudah dijalani, misalnya berjalan cepat atau naik turun tangga.

Jika Anda mengalami ereksi spontan di saat yang tidak tepat, tenang saja karena Anda bukan satu-satunya. Hal ini wajar, dan biasanya bukan merupakan indikasi penyakit. 

Supaya harga diri tak jatuh gara-gara ereksi yang suka muncul tiba-tiba, Anda dapat menerapkan trik yang sudah dijelaskan.

Di sisi lain, apabila ereksi bertahan hingga empat jam atau lebih, hal ini merupakan kondisi yang segera memerlukan pemeriksaan dokter. Keadaan yang dinamakan priapismus ini memiliki potensi merusak jaringan penis jika dibiarkan.

Ingin tanya lebih lanjut mengenai topik ini? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter

[RS]

ereksiPenis

Konsultasi Dokter Terkait