Sukses

Persiapkan Ini Sebelum Jalani Tes Kesehatan

Sebelum jalani tes kesehatan atau medical check-up, persiapkan beberapa hal berikut ini agar semuanya berjalan lancar.

Klikdokter.com, Jakarta Jelang Pilkada tahun 2018, para kandidat di berbagai daerah mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota beserta pasangannya, mulai menjalani serangkaian medical check-up atau tes kesehatan. Rangkaian pemeriksaan meliputi tes narkoba, tes psikologi, cek kesehatan jantung, mata dan mulut. Dilanjutkan tes kesehatan di laboratorium radiologi, neurologi, paru, THT dan tes kejiwaan.

Baik untuk keperluan pekerjaan ataupun sekadar ingin mengetahui status kesehatan, sebaiknya Anda perlu mempersiapkan diri. Beberapa hal ini perlu Anda lakukan sebelum menjalani tes kesehatan:

  • Usahakan untuk cukup tidur 7–8 jam sebelum menjalani tes kesehatan. Kurang tidur dapat berpengaruh pada tekanan darah, denyut nadi dan suhuh tubuh Anda.
  • Jika akan melakukan pemeriksaan darah, sebaiknya Anda menjalani puasa makan dan minum minimal 8 jam sebelum dilakukan pemeriksaan. Kecuali jika diinstruksikan, Anda masih boleh minum air putih.
  • Jangan mengonsumsi alkohol paling tidak selama 24 jam sebelum menjalani tes kesehatan. Karena konsumsi alkohol bisa berpengaruh pada hasil tes Anda.
  • Untuk wanita, pemeriksaan urine sebaiknya dihindari 7 hari sebelum dan sesudah menstruasi. Adanya darah di urine dapat memengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Jika Anda dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mamografi payudara, sebaiknya hindari pemeriksaan saat menstruasi. Karena pada saat menstruasi biasanya payudara akan terasa lebih nyeri.
  • Wanita hamil yang menjalani tes kesehatan sebaiknya menghindari pemeriksaan rontgen.
  • Persiapkan daftar obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk suplemen herbal.
  • Ceritakan pada dokter yang memeriksa Anda, seputar keluhan kesehatan apa saja yang sedang Anda alami.
  • Jika Anda pernah memiliki penyakit atau pernah menjalani tindakan operasi tertentu, jelaskan kepada dokter secara rinci.
  • Cukup minum air putih sangat dianjurkan sebelum menjalani pemeriksaan laboratorium darah, karena akan mempermudah petugas kesehatan untuk mengambil darah Anda. Gunakan pakaian yang mempermudah akses pada lengan atas Anda (seperti baju lengan pendek) untuk memudahkan pengambilan darah dan pemeriksaan tekanan darah.
  • Jika Anda memiliki penyakit kronis atau kondisi medis tertentu, jangan lupa untuk membawa hasil pemeriksaan yang pernah dilakukan. 

Jadikan tes kesehatan sebagai pemeriksaan rutin tahunan Anda. Terlebih lagi, jika Anda sudah berusia di atas 25 tahun. Tidak perlu takut atau khawatir dengan hasil tes kesehatan, karena semakin dini suatu penyakit dideteksi, maka akan semakin cepat untuk disembuhkan.

Yang terpenting, sebelum menjalani medical check-up, jangan lupa untuk melakukan hal–hal di atas. Bagaimana, Anda sudah siap menjalani tes kesehatan?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar