Sukses

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS

Tes kesehatan cukup penting, karena kemampuan dan kesiapan jasmani merupakan salah satu unsur yang perlu dimiliki CPNS.

Klikdokter.com, Jakarta Bila ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anda perlu mengikuti serangkaian tahapan dan tes. Salah satu tes yang memiliki pengaruh cukup besar yaitu tes kesehatan. Tes ini cukup penting, karena kemampuan dan kesiapan jasmani merupakan salah satu unsur yang perlu dimiliki Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tes kesehatan juga dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra tubuh, dan daya gerak normal dari anggota tubuh yang terdiri atas tangan dan kaki. Berikut ini beberapa tes kesehatan yang harus diikuti setiap CPNS:

1. Tes tinggi dan berat badan

Dalam tes ini, tinggi dan berat badan setiap peserta seleksi CPNS akan diukur. Peserta yang dipilih dalam tes ini adalah peserta yang memiliki berat badan dan tinggi badan yang ideal. Untuk mengetahui berat badan Anda normal atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan rumus: Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100.

Jadi, jika mempunyai tinggi badan 160 cm, Anda perlu mempunyai berat 60 kg untuk dikatakan normal.

2. Tes mata

Secara bergantian, kesehatan mata setiap peserta diuji menggunakan huruf, angka, dan warna. Peserta yang buta warna dipastikan akan gugur dalam rangkaian tes ini. Setiap peserta juga akan diperlihatkan angka atau huruf dengan jarak tertentu. Lantas, mereka diminta menyebutkan angka atau huruf yang dimaksud dengan benar dan jelas.

Dalam tes ini, kesehatan mata peserta akan diuji satu per satu. Maksudnya, mereka menjawab dengan satu mata sementara mata yang lain tertutup, dan sebaliknya.

3. Tes organ dalam

Dalam tes ini, setiap peserta akan diuji mengenai organ dalam untuk memastikan bahwa peserta tidak memiliki penyakit jantung dan paru-paru. Tes ini akan sangat berkaitan dengan hasil tes tekanan darah. Idealnya, tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHg. Maksudnya, 120 adalah untuk tekanan sistolik dan 80 adalah untuk tekanan diastolik. Salah satu tujuan tes ini yaitu untuk mengetahui dan menilai sistem kardiovaskular.

Jadi itulah serangkaian tes kesehatan yang harus diikuti oleh setiap CPNS. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, persiapkan kondisi Anda sebaik mungkin dengan mengatur asupan makanan dan menjalankan gaya hidup sehat sehari-hari. Semoga berhasil!

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar