Sukses

5 Penyakit Autoimun yang Sering Mengintai Anak

Hati-hati, penyakit autoimun tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga dapat menyerang anak Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat reaksi berlebihan dari sistem imun tubuh dimana sistem imun yang merupakan penjaga kekebalan tubuh seharusnya berfungsi untuk melindungi tubuh justru berbalik menyerang tubuh.

Berikut ini adalah jenis penyakit autoimun yang sering menyerang anak:

1. Juvenile arthritis

Penyakit ini terjadi pada 1 dari 1000 anak dan lebih sering terjadi pada anak perempuan. Gejala penyakit ini adalah adanya nyeri, kemerahan dan bengkak pada sendi seperti lutut dan sendi-sendi lainnya.

2. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 juga merupakan penyakit autoimun pada anak. Sistem imun si Kecil menyerang sel-sel tubuh pada bagian pankreas, sehingga tubuh tidak dapat memproduksi insulin.

Gejalanya adalah anak sering haus, banyak berkemih, cepat lapar dan dan sering lemas. Penyakit ini membutuhkan terapi insulin untuk mengontrol gula darah anak. Hingga 2017, penyakit ini telah terjadi terjadi pada 1-2 dari 10.000 anak.

3. Immune thrombocytopenia purpura (ITP)

Ini merupakan penyakit autoimun yang menyerang keping darah (trombosit), sehingga kadar keping darah dalam tubuh menurun.

Keping darah berperan dalam proses pembekuan darah. Itu sebabnya jika kadar keping darah rendah, akan muncul gejala perdarahan seperti bintik-bintik merah di kulit, mimisan, atau perdarahan gusi. Penyakit ini terjadi pada 3-8 dari 100.000 anak.

4. Lupus (SLE)

Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun yang sering dibicarakan. Lupus paling sering terjadi pada remaja putri dan wanita usia muda. Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ seperti kulit, sendi, mulut, sistem saraf, jantung, paru, ginjal dan darah.

5. Penyakit celiac

Salah satu penyakit autoimun lain yang cukup sering terjadi adalah penyakit celiac. Penyakit ini merupakan penyakit intoleransi gluten, yang merupakan kandungan protein pada gandum dan oat. Pada anak dengan penyakit ini, gluten akan menghancurkan dinding usus, sehingga dapat menimbulkan berbagai gejala gangguan saluran cerna.

Demikianlah penjelasan lima penyakit autoimun yang sering terjadi pada anak. Waspadai gejala-gejala penyakit di atas terjadi pada anak Anda. Jika si Kecil mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk evaluasi dan penanganan yang lebih lanjut.

[NP/ RVS]

1 Komentar