Sukses

4 Aturan Main agar Olahraga Lebih Bermanfaat bagi Kesehatan

Olahraga yang tidak dilakukan dengan benar justru dapat membahayakan diri sendiri, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan aktivitas sehat, yang dapat bermanfaat sebagai pelepas penat, membuat tubuh lebih bugar, serta memperkecil risiko penyakit berbahaya. Namun sayangnya, manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika Anda mematuhi aturan main yang berlaku saat berolahraga.

Apa saja aturan main yang harus dipenuhi agar olahraga lebih bermanfaat bagi kesehatan?

1.  Awali dengan pemanasan

Pemanasan atau peregangan sebelum berolahraga sangat penting untuk mempersiapkan otot dan sendi untuk digunakan saat berolahraga. Jika tidak mengawali olahraga dengan gerakan pemanasan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami cedera kemudian.

Pastikan Anda melakukan gerakan pemanasan dengan baik dan benar, ya!

2.  Jangan terlalu berlebihan

Melakukan olahraga tanpa mengetahui batasan diri sangatlah berbahaya. Ini karena olahraga yang terlalu dipaksakan atau melewati batasan yang dimiliki tubuh membuat Anda berisiko untuk mengalami henti jantung atau serangan jantung.

3.  Perhatikan gerakan yang dilakukan

Olahraga tidak hanya sekadar mengandalkan otot, tapi juga otak. Contohnya, jika Anda melakukan olahraga angkat beban, kemudian menempatkan sendi pada posisi yang tidak benar, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami cedera sendi, otot, urat, atau tendon.

4.  Jangan lupa istirahat

Olahraga dan istirahat harus seimbang. Waktu istirahat atau pemulihan yang kurang akan berdampak pada fungsi otot dan juga kebugaran Anda. Otot yang tidak berfungsi dengan baik, dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera.

Itulah aturan main yang wajib Anda ikuti, agar olahraga benar-benar memberikan segudang manfaat sehat. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, agar Anda bisa mengetahui aturan main yang harus diikuti.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar