Sukses

Kanker Sarkoma Ewing, si Perusak Kelincahan Anak

Terbilang langka, sarkoma Ewing adalah jenis kanker yang dapat terjadi pada anak-anak dan remaja. Apa saja ciri-cirinya?

Klikdokter.com, Jakarta Tak terlalu familiar, bisa jadi ini pertama kalinya Anda mendengar tentang kanker sarkoma Ewing karena jenis kanker ini memang cukup langka dan lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Istilah sarkoma Ewing diambil dari nama James R. Ewing, seorang ahli patologi dan onkologi yang menjabarkan kasus pertama penyakit ini pada tahun 1921.

Sarkoma Ewing merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada tulang atau jaringan lunak. Berbagai jenis tulang dapat terlibat, namun kondisi ini paling sering dimulai dari tulang tungkai dan panggul, tulang lengan, dada, tengkorak, dan tulang belakang.

Tanda dan gejala dari sarkoma Ewing mencakup pembengkakan dan rasa nyeri di sekitar lokasi terdapatnya tumor. Selain itu, beberapa tanda dan gejala yang juga dapat terjadi adalah adanya benjolan di sekitar lokasi tumor, demam tanpa penyebab yang diketahui, serta patah tulang tanpa sebab. Selain itu, orang dengan sarkoma Ewing juga dapat mengalami penurunan berat badan yang tidak disengaja dan selalu merasa lelah.

Lalu, bergantung dari lokasi terdapatnya tumor, gejala lain juga dapat timbul. Misalnya, bila tumor berada di sekitar tulang belakang, bisa jadi terdapat keluhan berupa hilangnya kendali untuk buang air kecil akibat dari terdesaknya kandung kemih oleh tumor. Bila tumor terdapat pada tungkai, dapat diamati adanya keluhan pincang saat berjalan.

Deteksi dan penanganan dini merupakan hal yang penting dalam penatalaksanaan sarkoma Ewing. Oleh sebab itu, seseorang yang mengalami gejala yang menyerupai sarkoma Ewing sebaiknya cepat-cepat berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung. Beberapa jenis pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan untuk mengonfirmasi diagnosis adalah sinar-x, scan tulang,  magnetic resonance imaging (MRI), computed tomography scan (CT), pemeriksaan darah, serta biopsi.

Penanganan yang dilakukan pada sarkoma Ewing bergantung dari berbagai hal, termasuk ukuran tumor, penyebaran, status kesehatan secara keseluruhan, dan preferensi dari individu yang mengalami kondisi tersebut. Pilihan penanganan yang ada mencakup kemoterapi, terapi radiasi, pembedahan, atau kombinasi dari beberapa metode penanganan.

Walaupun angka kejadiannya relatif jarang, sarkoma Ewing merupakan salah satu kondisi kesehatan yang perlu diketahui dan diwaspadai. Bila dilakukan deteksi dan penanganan dini, sarkoma Ewing ini memiliki angka kesembuhan yang tinggi.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar