Sukses

Mau Sehat Jiwa dan Raga, Ayo Bernyanyi!

Selain bermanfaat untuk menghibur, bernyanyi juga mempengaruhi kesehatan jiwa dan raga. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Dapat dipastikan semua orang di dunia pernah melakukan kegiatan yang satu ini, yaitu bernyanyi. Kegiatan yang mudah dilakukan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bernyanyi tidak hanya dilakukan di suatu acara untuk menghibur orang lain, namun bisa dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari, seperti saat sedang mandi.

Pernahkah Anda merasa lebih bahagia ketika bernyanyi? Ternyata bernyanyi memang dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga Anda. Berikut ini penjelasannya:

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan kualitas imunitas tubuh. Dengan imunitas yang bertambah baik, dapat menurunkan risiko terserangnya berbagai penyakit.

  • Meningkatkan kecerdasan

Ketika bernyanyi, otak kanan Anda akan bekerja. Kemudian, jaringan di otak pun juga akan bekerja dengan cara yang lebih beragam, sehingga memengaruhi kecerdasan.                                           

  • Serupa dengan olahraga aerobik

Pernapasan dalam yang dilakukan saat bernyanyi dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah Anda, sama seperti saat Anda sedang melakukan aerobik. Selain itu, bernyanyi juga dapat memperlancar peredaran darah di tubuh Anda.

  • Meredakan stres

Bernyanyi dapat memberikan efek penurunan hormon kortisol yang berkaitan dengan kondisi stres di tubuh.

Selain itu, saat bernyanyi tubuh juga akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki mood serta melepaskan hormon oksitosin yang dapat meredakan rasa cemas dalam diri Anda.

  • Meredakan rasa nyeri

Ternyata bernyanyi yang dilakukan secara rutin pun dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh seseorang.

Nyatanya, kebiasaan bernyanyi bisa dijadikan salah satu upaya bagi Anda untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Hal yang menyenangkan bukan? Selain hati gembira, dengan bernyanyi Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari aktivitas sederhana ini. Ayo, bernyanyi!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar