Sukses

Awas, Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Osteoporosis Dini

Tanpa disadari, kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari bisa sebabkan osteoporosis dini.

Klikdokter.com, Jakarta Osteoporosis merupakan penyakit yang menyebabkan tulang rapuh, sehingga meningkatkan risiko fraktur alias patah tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada lansia, namun tidak menutup kemungkinan untuk menyerang mereka yang masih muda.

Ya, osteoporosis dapat terjadi pada orang-orang berusia muda. Keadaan ini dikaitkan dengan kebiasaan sehari-hari, yang tanpa disadari meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit tersebut. Beberapa kebiasaan yang dimaksud, di antaranya:

  • Merokok

Berdasarkan the National Institutes of Health Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center, tingkat kepadatan tulang seorang perokok cenderung lebih rendah dibandingkan yang tidak merokok. Ini karena rokok mengandung radikal bebas dan berbagai zat berbahaya lain yang dapat menurunkan produksi calcitonin, hormon pembentuk tulang.

  • Malas olahraga

Otot maupun tulang akan menjadi lebih padat dan kuat jika Anda rajin berolahraga. Sebaliknya, jika Anda malas berolahraga, bukan tidak mungkin otot dan tulang Anda akan menjadi semakin lemah, sehingga risiko osteoporosis pun akan semakin tinggi.

  • Konsumsi makanan asin berlebih

Menurut the John Wayne Cancer Institute di Santa Monica, Amerika Serikat, kebiasaan mengonsumsi makanan asin berlebih dapat menurunkan tingkat kepadatan tulang. Ini karena semakin tinggi sodium (garam) yang Anda konsumsi, tubuh akan mengeluarkan kalsium lebih banyak lewat urine.

Penelitian yang dilakukan oleh Oregon State University menemukan bahwa seorang wanita dewasa dapat mengalami penurunan kepadatan tulang 1% setiap tahun hanya dengan mengonsumsi 2,5 gram sodium setiap hari.

  • Konsumsi alkohol

Alkohol dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, serta mengurangi produksi hormon testosteron dan estrogen. Keadaan ini dapat membuat tulang Anda menjadi lebih rapuh, sehingga risiko fraktur alias patah tulang menjadi semakin tinggi.

Mana dari kebiasaan di atas yang tanpa disadari sering Anda lakukan? Mulai sekarang, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari sama sekali, agar osteoporosis tidak terjadi di kemudian hari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar