Kesehatan Umum

Gemar Belanja Online Bikin Gemuk?

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 11 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa kebiasaan yang tampaknya menyenangkan justru dapat membuat Anda gemuk. Salah satunya adalah belanja online.

Gemar Belanja Online Bikin Gemuk?

Belanja online memang mempermudah hidup. Anda tidak perlu susah-susah keluar rumah untuk mencari barang yang diinginkan. Hanya dengan duduk, Anda sudah dapat membeli pakaian hingga bahan makanan sehari-hari. Praktis dan menghemat waktu. Tapi efek sampingnya, ada yang bilang bahwa kebiasaan ini dapat membuat gemuk. Benarkah?

Biasanya ketika Anda berbelanja, terutama di mal, Anda akan berkeliling memutar mal demi mencari barang yang dituju. Kadang bisa berjam-jam tanpa disadari, dan itu akan membuat Anda seperti berolahraga. Untuk diketahui, berjalan kaki santai selama setengah jam saja sudah membakar hingga 100 kalori.

Apalagi wanita sering menghabiskan waktu hingga beberapa jam untuk mencari pakaian. Bahkan mereka dapat berjalan dari lantai bawah ke atas, dari ujung ke ujung. Belum lagi ditambah beban barang belanjaan yang harus dibawa. Coba bayangkan, berapa kalori yang bisa dihabiskan dengan kegiatan berbelanja secara langsung tersebut?

Dengan berbelanja online berarti Anda mengurangi kegiatan berjalan kaki tersebut. Kurangnya aktivitas fisik tentunya dapat memicu kenaikan berat badan. Selain itu, aktivitas fisik yang kurang juga merupakan awal dari beberapa masalah kesehatan seperti obesitas.

Berbelanja online juga biasanya menyebabkan Anda membuat keputusan yang kurang baik, terutama pada makanan. Anda akan cenderung membeli makanan yang kurang sehat. Lebih-lebih, produk makanan yang dijual online umumnya tidak memiliki label nutrisi.

Beda halnya jika berbelanja secara langsung. Biasanya orang akan memeriksa label nutrisi dan membandingkannya dengan merek lainnya. Sehingga Anda dapat menilik produk yang lebih sehat. Hal ini sangat penting, terutama bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan kesehatan khusus, misalnya penderita diabetes. Mereka harus memperhatikan karbohidrat, gula, dan garam dari makanan yang hendak dibeli.

Memang belanja online dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, jangan sampai hal tersebut malah mengurangi aktivitas fisik Anda, dan akhirnya membuat gemuk. Kuncinya adalah tetaplah aktif dengan bergerak cukup setiap hari.

[RS/ RVS]

gemukBerat BadanBelanja Online

Konsultasi Dokter Terkait