Sukses

Mitos Hamil Muda yang Tak Boleh Anda Percaya

Tidak sedikit mitos hamil muda yang beredar di tengah masyarakat. Cari tahu kebenarannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Seorang wanita yang sedang hamil muda memiliki banyak pantangan yang harus dipatuhi. Namun sayangnya, tidak sedikit dari pantangan tersebut yang sebenarnya hanya mitos belaka.

Berikut ini adalah beberapa mitos hamil muda beserta fakta medis yang sebenarnya:

Mitos #1. Wanita yang hamil muda tidak boleh berolahraga

Tidak sedikit wanita hamil yang menganggap bahwa olahraga bisa menganggu kondisi janin dalam kandungan. Tapi fakta menyebutkan bahwa olahraga justru bisa membawa pengaruh sebaliknya.

Ya, olahraga tertentu yang dilakukan selama hamil dapat memberikan manfaat, mulai dari menjaga kesehatan ibu dan janin hingga memperlancar proses bersalin. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang hamil muda, misalnya yoga prenatal dan senam hamil.

Namun, sebelum memilih olahraga tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui jenis olahraga yang aman dan dapat dilakukan selama hamil.

Mitos #2. Makan nangka saat hamil muda sebabkan keguguran

Menurut dr. Alvin Nursalim, buah nangka sebenarnya aman untuk dikonsumsi saat hamil muda. Bukannya menyebabkan keguguran, buah nangka justru membawa sederet manfaat sehat.

Itu karena buah nangka mengandung vitamin A, B, C, D, beta karoten, kalsium dan mineral. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar.

Meski baik dan tidak menyebabkan keguguran, wanita yang sedang hamil muda tetap harus membatasi jumlah nangka yang dikonsumsi. Sedangkan, jika Anda memiliki alergi nangka, sebaiknya hindari konsumsi buah ini sama sekali.

Mitos #3. Wanita yang hamil muda dilarang bepergian jauh

Wanita yang sedang hamil muda dapat tetap bepergian jauh, asalkan kondisi kehamilan sehat dan tidak ada komplikasi. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena di saat hamil muda, Anda akan merasakan morning sickness serta mudah lelah.

Tidak hanya itu, wanita yang sedang hamil muda juga wajib memperhatikan hal-hal berikut untuk dapat bepergian jauh dengan aman dan nyaman:

  • Pilih tempat duduk paling strategis, agar akses untuk berjalan dan ke toilet lebih mudah.
  • Bawa serta obat-obatan pencegah mual yang diberikan oleh dokter atau bidan.
  • Gunakan stocking khusus, agar sirkulasi darah tetap lancar.
  • Hindari posisi diam dalam waktu lama. Lakukan peregangan, atau gerakan tubuh Anda secara berkala.
  • Cukupi kebutuhan cairan Anda, agar tidak dehidrasi.

Mitos #4. Ngulet saat tidur berbahaya bagi wanita yang hamil muda

Menurut dr. Sara Elise Wijono, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang menyebutkan bahwa ngulet saat tidur berbahaya bagi wanita yang hamil muda.

“Jangankan ngulet saat tidur, para ahli bahkan menyarankan wanita yang sedang hamil muda untuk melatih otot perut selama kehamilan,” katanya.

Menurut dr. Sara, hal itu bertujuan untuk memperkuat otot perut, yang nantinya dapat membantu mengurangi keluhan nyeri punggung.

“Sebelum memutuskan untuk melatih otot perut, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter,” pungkasnya.

Itulah empat dari sekian mitos seputar hamil muda yang tidak boleh Anda percaya. Mulai saat ini, sebaiknya Anda lebih bijak dalam menyikapi segala informasi yang beredar, terutama bila itu menyinggung masalah kesehatan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar