Sukses

Mencegah Pneumonia, Penyakit yang Diderita Anak Kim Kardashian

Beberapa langkah berikut ini dapat membantu mencegah pneumonia pada anak dan orang dewasa.

Klikdokter.com, Jakarta Saint West, anak dari pasangan Kim Kardashian dan Kanye West, harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita pneumonia beberapa waktu lalu. Setelah melewati perawatan selama tiga malam, Saint dapat pulang dengan kondisi yang jauh lebih baik. Sebenarnya apa itu pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang bisa jadi ringan atau parah, sehingga ada kemungkinan untuk segera dirawat di rumah sakit. Pneumonia dapat menyerang siapa saja. Bayi di bawah usia dua tahun dan orang dewasa usia di atas 65 tahun memiliki peluang paling tinggi terserang penyakit ini.

Kelompok usia tersebut sangat rentan terhadap pneumonia, karena sistem kekebalan tubuh mereka mungkin tidak cukup kuat untuk melawannya. Bahkan faktanya, pneumonia menyebabkan 16 persen kematian pada anak di bawah 5 tahun, di seluruh dunia.

Gejala pneumonia biasanya berupa demam disertai nyeri kepala dan tubuh menggigil, batuk tidak berdahak ataupun berdahak dengan cairan mengandung nanah yang berwarna kekuningan. Selain itu, Anda juga akan merasakan nyeri dada ketika bernapas, napas yang pendek, mual, muntah, dan diare.

Rasa nyeri pada otot, sendi, mudah lelah, serta denyut nadi yang melemah hingga 100 kali per menit juga dapat terjadi saat terkena pneumonia.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Beberapa langkah berikut ini dapat membantu mencegah pneumonia pada anak dan orang dewasa:

1.     Pastikan anak mendapatkan vaksinasi

Dokter merekomendasikan vaksin pneumonia yang berbeda untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, dan untuk anak-anak berusia 2-5 tahun yang berisiko terkena penyakit pneumonia. Anak-anak yang sering berada di penitipan anak juga harus mendapatkan vaksin tersebut. Dokter pun merekomendasikan vaksinasi influenza untuk anak-anak di atas 6 bulan.

2.     Vaksinasi untuk orang dewasa

Para ahli juga merekomendasikan vaksinasi untuk orang dewasa. Anda sebaiknya mendapatkan vaksinasi pneumokokus. Ini mungkin tidak benar-benar mencegah pneumonia. Namun bila terserang, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala yang terlalu parah. Anda juga bisa mendapatkan vaksin influenza untuk mencegah flu, karena terkadang orang terkena pneumonia setelah terkena flu.

Selain menghindari orang yang menderita flu, Anda juga perlu menjauhi orang yang menderita campak atau cacar air. Anda mungkin terkena pneumonia setelah menderita salah satu penyakit itu.

3.     Biasakan hidup bersih

Untuk melindungi diri dari infeksi pernapasan yang kadang menyebabkan pneumonia, Anda perlu mengajak anak untuk cuci tangan pakai sabun secara teratur. Membersihkan tangan menggunakan cairan khusus berbasis alkohol juga dapat dilakukan. Cuci tangan sangat penting untuk membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri yang bisa menyebabkan pneumonia.

4.     Jangan merokok

Merokok merusak pertahanan alami paru-paru terhadap infeksi saluran pernapasan.

5.     Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cukup tidur, olahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Agar kasus Saint West, anak dari pasangan Kim Kardashian dan Kanye West, tidak terulang kembali, Anda perlu memperhatikan beberapa langkah pencegahan di atas. Bila menemukan gejala-gejala yang mengarah ke pneumonia, Anda perlu segera menemui dokter.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar