HomeGaya hidupDiet dan NutrisiApakah Diet Gluten Selalu Baik Bagi Kesehatan?
Diet dan Nutrisi

Apakah Diet Gluten Selalu Baik Bagi Kesehatan?

dr. Andika Widyatama, 09 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu program diet yang menjadi primadona di kalangan masyarakat urban adalah diet gluten.

Apakah Diet Gluten Selalu Baik Bagi Kesehatan?

Diet gluten adalah sebuah program diet yang meniadakan protein gluten di menu santapan sehari-hari. Gluten biasa ditemui pada produk yang berasal dari tanaman serealia atau biji-bijian, seperti gandum utuh.

Diet bebas gluten ini awalnya ditujukan untuk para penderita celiac disease, yaitu suatu gangguan pencernaan yang timbul akibat konsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein gluten.

Namun, sampai saat ini diet gluten juga diaplikasikan oleh sebagian orang yang tidak memiliki masalah kesehatan akibat konsumsi gluten. Bahkan timbul beberapa anggapan bahwa diet gluten dapat meningkatkan kualitas kesehatan, karena dapat menurunkan berat badan dan menambah energi.

Menurut pakar celiac disease di Harvard Medical School, belum jelas apakah diet gluten memang bisa meningkatkan kualitas kesehatan, terutama saluran pencernaan. Gluten memang bisa meredakan gejala nyeri akibat masalah di saluran pencernaan dan mengurangi proses peradangan.

Mengurangi asupan yang diolah dari biji-bijian, seperti tepung dan lainnya yang juga mengandung karbohidrat, nyatanya terbukti dapat menurunkan berat badan.

Hingga kini belum banyak penjelasan medis yang bisa memastikan manfaat diet gluten bagi kesehatan, sebab ada resiko yang bisa dialami bila menjalankan diet tersebut.

Para pelaku diet gluten memiliki kemungkinan kekurangan beberapa nutrisi dalam asupannya, yaitu seperti serat, zat besi, kalsium, asam folat, riboflavin, niacin, dan thiamin. Hal tersebut bisa saja menyebabkan malnutrisi.

Jika Anda tidak mengalami celiac disease, alangkah baiknya menghindari diet  gluten. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan ideal, Anda bisa melakukan jenis diet lainnya yang fokus pada pembatasan asupan karbohidrat, bukan meniadakannya sama sekali. Yuk, lebih bijak dalam menjalani diet!

[NP/ RVS]

Dietglutendiet gluten

Konsultasi Dokter Terkait