Sukses

Segudang Manfaat Makan Ikan untuk Anak

Sudahkah Anda memberikan si kecil menu makan yang terdiri dari ikan secara rutin? Jika belum, mungkin patut mempertimbangkannya karena ada banyak manfaat ikan untuk anak.

Pemenuhan gizi untuk anak sangatlah penting demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Hal ini bisa dilakukan lewat pemberian variasi makanan sehat, salah satunya ikan.

Manfaat ikan untuk anak cukup banyak, mulai dari menjadi sumber protein hingga mencegah penyakit kronis tertentu.

Berikut ini beberapa manfaat makan ikan untuk anak:

1 dari 8 halaman

1. Sumber Protein yang Baik

Salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang saat ini sedang berusaha diperangi adalah stunting, yang terjadi akibat kekurangan gizi. Ikan merupakan pilihan sumber protein yang baik untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Protein yang terkandung di dalam ikan memang berbeda untuk setiap jenisnya. Namun, secara umum 100 gram ikan dapat mengandung hingga 22 gram protein.

Artikel Lainnya: Intip Kandungan Gizi dalam Ikan Dori

2 dari 8 halaman

2. Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Manfaat ikan pada balita adalah sebagai sumber asam lemak sehat. Ikan kaya akan kandungan omega-3 docosahexaenoic acid (DHA), yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Salmon, herring, sarden, dan tuna adalah contoh ikan yang tinggi kandungan DHA. Untuk alasan inilah ibu hamil kerap dianjurkan untuk mengonsumsi ikan guna menyokong perkembangan otak janin.

3 dari 8 halaman

3. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ikan untuk anak yang satu ini masih berhubungan dengan sebelumnya. Faktanya, anak yang rutin mengonsumsi ikan memiliki skor lebih tinggi pada tes kecerdasan dibandingkan mereka yang tidak terbiasa makan ikan.  Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan asam lemak sehat yang ada di dalam ikan.

4 dari 8 halaman

4. Sumber Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Konsumsi ikan tinggi nutrisi ini dapat membantu dalam hal tersebut.

Beberapa contoh ikan yang mengandung banyak vitamin D antara lain salmon, sarden, tuna, makerel, tilapia, dan herring.

5 dari 8 halaman

5. Kesehatan Penglihatan

Kandungan asam lemak omega-3 DHA di dalam ikan terbukti bermanfaat untuk menjaga fungsi penglihatan anak. Kandungan tersebut juga berperan dalam menurunkan berbagai penyakit penglihatan. 

Agar kesehatan mata anak tetap terjaga, berikan ia hidangan ikan secara rutin dan dalam porsi secukupnya.

Artikel Lainnya: Amankah Bayi Konsumsi MPASI Ikan Nila?

6 dari 8 halaman

6. Menurunkan Risiko Alergi

Mengonsumsi berbagai jenis ikan sejak dini dapat mencegah berbagai penyakit alergi, seperti asma dan dermatitis atopik

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi ikan mengandung asam lemak tak jenuh rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids) dapat mencegah asma pada anak.

7 dari 8 halaman

7. Menurunkan Risiko Autoimun

Bukti ilmiah menunjukkan, konsumsi ikan dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit autoimun, termasuk rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis

Namun, masih perlu lebih banyak penelitian mengenai manfaat makan ikan untuk anak tersebut.

Anda dapat memberikan ikan sejak memperkenalkan makanan padat di masa MPASI. Kenalkanlah beragam jenis ikan sejak dini. 

Saat mengolahnya, pastikan ikan sudah tidak bertulang dan dipotong menjadi ukuran dan tekstur yang sesuai. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang makanan bergizi untuk anak? Konsultasi dengan dokter anak melalui LiveChat di aplikasi KlikDokter

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar