Sukses

Segudang Manfaat Makan Ikan untuk Anak

Sudahkah Anda memberikan si kecil menu makan yang terdiri dari ikan secara rutin dan teratur? Jika belum, segerakan. Ini manfaat makan ikan untuk anak.

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanah Air ini bahkan dikenal sebagai negara dengan kekayaan ikan yang melimpah.

Angka konsumsi ikan masyarakat Indonesia memang menunjukkan tren peningkatan setiap tahunnya. Meski begitu, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terus mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan hingga 62,50 kilogram per kapita per tahun di 2024 nanti.

Mengapa pemerintah mendorong masyarakat untuk makan ikan? Faktanya, banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan makan ikan, terutama untuk anak.

Artikel Lainnya: 8 Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan untuk anak:

1 dari 4 halaman

1. Sumber Protein yang Baik

Salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang saat ini sedang berusaha diperangi adalah stunting, yang terjadi akibat kekurangan gizi. Ikan merupakan pilihan sumber protein yang baik untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Protein yang terkandung dalam ikan memang berbeda untuk setiap jenisnya. Tetapi secara umum, 100 gram ikan dapat mengandung hingga 22 gram protein.

2. Perkembangan Otak Anak

Manfaat makan ikan untuk anak yang berikutnya adalah sebagai sumber asam lemak sehat. Ikan kaya akan kandungan omega-3 docosahexaenoic acid (DHA), yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Salmon, hering, sarden, dan tuna adalah contoh ikan yang tinggi kandungan DHA. Untuk alasan inilah ibu hamil kerap dianjurkan untuk mengonsumsi ikan guna menyokong perkembangan otak janin.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat ikan yang satu ini masih berhubungan dengan sebelumnya. Faktanya, anak yang rutin mengonsumsi ikan memiliki skor lebih tinggi pada tes kecerdasan dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa makan ikan.

Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan asam lemak sehat yang ada dalam ikan.

Artikel Lainnya: Anak Pintar Berkat Minyak Ikan, Mitos atau Fakta?

4. Sumber Vitamin D yang Baik

Salmon, sarden, tuna, makerel, tilapia, dan ikan hering kaya akan vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

3 dari 4 halaman

5. Kesehatan Penglihatan

Kandungan asam lemak omega-3 DHA dalam ikan terbukti bermanfaat untuk menjaga fungsi penglihatan anak. Kandungan tersebut juga berperan dalam menurunkan berbagai penyakit penglihatan.

6. Menurunkan Risiko Alergi

Mengonsumsi berbagai jenis ikan sejak dini dapat mencegah berbagai penyakit alergi, seperti asma dan dermatitis atopik.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2013 yang menemukan, konsumsi ikan mengandung asam lemak tak jenuh rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids) dapat mencegah asma pada anak.

Tertarik dengan segudang manfaat makan ikan untuk anak? Jangan sungkan untuk memberikannya secara rutin dan teratur. Saat mengolahnya, pastikan ikan sudah tidak bertulang; dan dipotong menjadi ukuran, rasa, serta tekstur yang sesuai.

Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat ikan untuk anak? Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan lain? Konsultasikan langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar