Sukses

Agar Selalu Sehat, Lansia Perlu Lakukan Aktivitas Fisik Ini

Beragam aktivitas fisik ini bisa bikin lansia tampil sehat dan bugar layaknya anak muda.

Klikdokter.com, Jakarta Lansia merupakan golongan usia yang tetap wajib melakukan aktivitas fisik. Ini karena usia yang semakin bertambah, membuat fungsi organ tubuh semakin menurun. Karenanya, hidup yang terlalu santai membuat risiko penyakit semakin meningkat.

Aktivitas fisik yang dilakukan lansia tidak perlu terlalu berat. Berikut beberapa pilihannya:

1.    Senam

Aerobik, yoga, dan pilates dapat membantu menjaga ketahanan tubuh. Di samping itu, aktivitas sehat ini juga dapat menjadi media bersosialiasi antar lansia, karena dapat dilakukan secara beregu maupun berkelompok.

2.    Berenang

Aktivitas yang satu ini terbukti efektif sebagai bentuk latihan ketahanan fisik dan pernapasan, karena memiliki risiko cedera yang paling kecil. Tak hanya itu, berenang juga dapat membantu lansia yang memiliki masalah dengan lutut alias osteoartritis.

3.    Berjalan kaki

Jalan kaki sangat baik untuk dilakukan secara rutin, paling tidak sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Ini karena berjalan kaki dapat menjaga kesehatan otot, tulang, jantung dan paru-paru, sehingga membuat lansia mampu bergerak lebih aktif.

Agar tidak bosan, berjalan kaki sebaiknya dilakukan di pantai, taman kota, atau sekadar mengelilingi pusat perbelanjaan.

4.    Aktivitas rumahan

Beternak, berkebun, mengepel, dan menyapu merupakan jenis aktivitas fisik yang paling mudah untuk dilakukan. Meski terkesan santai, nyatanya aktivitas rumahan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jika timbul keraguan dalam memilih jenis aktivitas fisik yang sesuai untuk lansia, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Sebab aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, teratur, dan sesuai petunjuk dokter, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar