Sukses

Anak Kim Kardashian Terkena Pneumonia

Saint West, anak dari pasangan Kim Kardashian dan Kanye West, harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita pneumonia.

Klikdokter.com, Jakarta Kim Kardashian dan Kanye West, terpaksa melewati liburan pergantian tahun dengan sebuah pengalaman pahit. Saint West, anak dari pasangan bintang asal Amerika Serikat itu, harus menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita pneumonia.

Kim membagikan pengalaman tersebut melalui akun instagram pribadinya. Pada 2 Januari 2018, dia mengunggah foto dirinya yang sedang menggendong Saint. Di bawah foto tersebut, Kim menyatakan bahwa Saint adalah anak laki-laki yang sangat kuat. Setelah melewati perawatan di rumah sakit selama tiga malam, Saint telah pulang dan merasa jauh lebih baik.

Pneumonia merupakan infeksi pernafasan yang menyebabkan 16 persen kematian pada anak di bawah 5 tahun, di seluruh dunia. Menurut dr. Andika Widyatama, kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, mikroorganisme lainnya (namun lebih jarang), obat-obatan tertentu, dan kondisi lain seperti penyakit autoimun.

Gejala umum pneumonia yaitu demam, batuk tidak berdahak ataupun berdahak dengan sputum purulen (kekuningan), nyeri dada pleuritik (dipengaruhi oleh pernapasan), menggigil, serta napas yang pendek. Selain itu, menurut dr. Andika, ada juga penderita dengan keluhan nyeri kepala, mual, muntah, diare, nyeri otot (mialgia), nyeri sendi (arthralgia), serta kelelahan.

Berdasarkan situs WebMD, bagi kebanyakan orang, pneumonia bisa diobati di rumah. Pneumonia biasanya dapat sembuh dalam 2-3 minggu. Namun untuk orang dewasa yang lebih tua, bayi, dan orang dengan penyakit lain, pneumonia dapat benar-benar terasa sakit. Untuk orang dengan kondisi tersebut, dokter akan menyarankan untuk menjalani rawat inap di rumah sakit.

Pengobatan pneumonia juga disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Jika penyebab adalah bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik. Obat-obatan lainnya dapat berupa penurun demam dan obat batuk. Demikian berdasarkan pernyataan dr. Andika.

Agar kasus Saint West, anak dari Kim Kardashian, tidak terulang kembali, para ahli merekomendasikan untuk memberikan imunisasi kepada anak. Si Kecil bisa mendapatkan vaksin pneumokokus untuk melindunginya dari pneumonia. Selain itu, bila menemukan gejala-gejala seperti dijabarkan di atas pada anak atau orang terdekat Anda, segera periksa ke dokter spesialis paru untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar