HomeInfo SehatKulitImplan Rambut, Cara Efektif Atasi Kebotakan pada Pria
Kulit

Implan Rambut, Cara Efektif Atasi Kebotakan pada Pria

dr. Reza Fahlevi, 05 Jan 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kurang percaya diri gara-gara kebotakan yang terjadi? Tenang, Anda bisa menjadikan implan rambut sebagai solusinya.

Implan Rambut, Cara Efektif Atasi Kebotakan pada Pria

Kebotakan merupakan suatu masalah kesehatan yang kerap mengincar pria. Kondisi ini bisa mengurangi rasa percaya diri, sehingga dapat menurunkan produktivitas maupun kualitas hidup.

Pada dasarnya, kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor genetik (keturunan) dan hormonal. Artinya, pria dengan ayah, paman, kakek, atau saudara laki-laki yang mengalami kebotakan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kondisi yang sama.

Kebotakan itu sendiri disebabkan oleh kadar hormon androgen yang berlebihan, dimana hormon ini dapat menyebabkan penipisan rambut di bagian tengah kepala. Tak hanya itu, kebotakan juga dapat disebabkan oleh masalah kulit kepala, trauma di daerah kepala, serta penyakit sistemik.

Mengatasi Kebotakan

Untuk mengatasi kebotakan pada pria, salah satu metode yang paling menjanjikan adalah implan rambut. Metode ini terbagi dari dua jenis, yaitu:

  1. Implan rambut langsung

Ini adalah metode memindahkan kulit beserta rambut dari bagian kepala yang masih berambut ke area yang botak dengan sayatan pisau bedah.

  1. Implan rambut dengan unit folikel

Metode ini hanya memindahkan folikel-folikel rambut dari area kepala yang masih berambut ke area yang botak, tanpa menyayat bagian kulit di sekitarnya.

Metode implan rambut langsung sudah banyak ditinggalkan, karena dapat menyisakan bekas luka di kepala. Mereka, pria yang ingin mengatasi kebotakan, lebih memilih metode implan rambut dengan unit folikel.

Selain tidak meninggalkan bekas luka, metode implan rambut dengan unit folikel lebih aman untuk dilakukan. Ini karena teknik tersebut hanya mengambil folikel rambut dari area donor, untuk dipindahkan ke bagian kepala yang botak tanpa sayatan pisau bedah.

Nah, jika Anda ingin segera terbebas dari kebotakan, diskusikanlah metode implan rambut mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Dengan penanganan yang tepat, kebotakan akan dapat diatasi dan rasa percaya diri Anda akan segera kembali.

[NB/ RVS]

RambutImplan RambutKebotakan

Konsultasi Dokter Terkait