Sukses

Yuk, Kenali Gejala Penyakit Scarlet Fever

Penyakit scarlet fever mungkin jarang sekali Anda dengar. Padahal, penyakit ini bisa saja menyerang anak Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Scarlet Fever dikenal juga dengan nama Scarlatina. Penyakit ini biasa menyerang anak-anak, terutama pada usia 1-10 tahun. Namun demikian, anak di atas 10 tahun dan orang dewasa dapat juga tertular. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus dan penularannya sebagian besar melalui air droplet.

Setelah tertular, biasanya dalam 1-4 hari anak akan menunjukkan gejala seperti demam tinggi (bisa mencapai lebih dari 380C). Setelah 12-48 jam dari awal demam, biasanya akan timbul ruam kemerahan. Ruam ini muncul pertama di area leher, lalu menyebar ke tubuh dan anggota gerak lainnya. Ruam kemerahan yang muncul pada kulit tersebut akan terasa kasar jika diraba, seperti kertas amplas.

Warna merah pada ruam di beberapa bagian dapat berbeda-beda. Pada area lipatan tubuh seperti siku dan ketiak, ruam dapat berwarna merah lebih cerah dibandingkan dengan ruam pada bagian tubuh lainnya. Ruam kemerahan di area pipi juga bisa tampak seperti terbakar sinar matahari. Jika ruam tersebut ditekan dengan kaca, warnanya dapat berubah menjadi putih.

Pada penderita scarlet fever juga dapat ditemui gejala strawberry tongue, yaitu lidah yang dilapisi membran berwarna putih, dimana papilla lidah yang berwarna kemerahan tampak menonjol. Keluhan ini biasanya muncul pada dua hari pertama gejala scarlet fever muncul.

Pada hari keempat atau lima, membran putih akan menghilang dan nampak lidah yang mengkilat serta kemerahan (dinamakan red strawberry tongue). Selain itu, tonsil dalam tenggorokan akan membengkak, berwarna merah, dan mengeluarkan nanah (eksudatif).

Jika Anda curiga si Kecil terkena gejala scarlet fever, segera bawa anak Anda ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri, sehingga anak membutuhkan pengobatan dengan antibiotik untuk mengatasinya.

 

1 dari 2 halaman

Komplikasi akibat scarlet fever

Apabila tidak tertangani dengan baik, keadaan ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, infeksi telinga, abses tonsil (penimbunan nanah di sekitar amandel), bronkopneumonia (peradangan pada saluran napas), meningitis, abses otak (penimbunan nanah di otak), dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan pengobatan, pastikan agar anak Anda menghabiskan antibiotik yang diberikan oleh dokter. Anak mungkin akan sulit makan karena merasa nyeri saat menelan. Siasati hal ini dengan memberikan makanan lunak atau berkuah pada anak. Jagalah kebersihan tubuh anak saat sakit. Jangan lupa pula menggunting kuku anak agar tidak melukai kulit saat menggaruk.

Sekarang Anda sudah mengenal penyakit scarlet fever. Apabila si Kecil terkena penyakit ini, tak perlu panik. Dengan pengobatan yang tepat, gejala umum scarlet fever akan membaik dalam 4-5 hari. Hal yang perlu Anda ingat adalah gejala pada kulit mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu hingga membaik. Agar terhindar dari penyakit ini, berikan selalu anak Anda makanan yang bergizi seimbang.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar