Sukses

Polusi Udara Ancam Kesehatan Lansia

Mereka yang sudah lansia lebih berisiko mengalami dampak buruk polusi udara.

Klikdokter.com, Jakarta Tantangan bagi masyarakat yang hidup di kota besar adalah polusi udara. Banyak penelitian mengungkapkan, polusi udara dapat memicu munculnya berbagai penyakit seperti infeksi paru, jantung, diabetes, hingga kesehatan mental.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, ancaman polusi udara ternyata lebih mengincar mereka yang sudah lansia. Studi tersebut menemukan bahwa ratusan orang yang telah lanjut usia di Amerika meninggal lebih cepat setiap tahunnya akibat polusi udara. 

Temuan itu berasal dari analisis komputer yang menghubungkan tingkat polusi dan kondisi ozon antara tahun 2000 dan 2012, dengan 93% kematian yang terjadi di Amerika. 

“Ini adalah studi paling komprehensif tentang paparan jangka pendek polusi udara dan kematian,” kata periset dari Harvard Data Science Initiative, Francesca Dominici.

Para peneliti menemukan, peningkatan polusi udara sejalan dengan risiko kematian yang juga semakin tinggi, yakni 0,5-1%.

“Kami menemukan bahwa tingkat kematian meningkat secara linier dengan peningkatan polusi. Setiap tingkat polusi udara, tidak peduli seberapa rendah, berbahaya bagi kesehatan manusia,” tambah Dominici.

Fakta membuktikan bahwa lansia dengan tingkat ekonomi rendah memiliki risiko 3 kali lebih yang tinggi untuk terkena dampak buruk polusi udara. Temuan pada penelitian tersebut juga menyatakan bahwa lansia wanita lebih berisiko mengalami dampak buruk itu daripada lansia pria.

Polusi udara memang tidak bisa dihindari, apalagi di era seperti sekarang ini. Namun dampak buruk akibat kondisi tersebut dapat diperkecil, dengan menggunakan masker saat keluar rumah.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar