Sukses

Olahraga Selama 10 Menit Bisa Menyehatkan Otak

Bayangkan, hanya dengan berolahraga selama 10 menit, kemampuan otak Anda akan meningkat!

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara termudah menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Namun saya, banyak sekali yang merasa enggan untuk melakukannya, dan keterbatasan waktu menjadi sering menjadi alasan utama penghambat dirinya untuk berolahraga. Padahal, selain menjaga kesehatan tubuh tetap optimal, secara khusus olahraga juga dapat menjaga kesehatan otak.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Neuropsychologia mengungkapkan, hanya dengan aktivitas fisik selama 10 menit, kemampuan otak dapat meningkat. Temuan ini penting bagi mereka yang memiliki waktu terbatas untuk berolahraga dan mereka yang ingin memperbaiki kondisi mentalnya.

Penelitian sebelumnya mengacu pada hubungan antara aktivitas fisik yang konsisten dan kesehatan otak yang lebih baik dari waktu ke waktu. Sedangkan penelitian mengungkap fakta bahwa berolahraga minimal 20 menit dapat meningkatkan fungsi kognitif.

“Kami ingin tahu apakah program latihan yang lebih pendek, untuk orang-orang yang mungkin memiliki masalah ortopedi atau masalah mobilitas lainnya, masih dapat memperoleh manfaat kognitif,”  kata Matthew Heath, profesor kinesiologi dari Universitas Western, Kanada.

Untuk menyelidiki hal ini, Heath dan rekan-rekannya meneliti 14 orang dewasa lewat sebuah tes gerakan mata yang dirancang untuk menantang bagian otak yang berhubungan dengan fungsi eksekutif otak, yaitu kemampuan mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan kontrol diri.

Kemudian, peserta diminta untuk duduk dan membaca majalah atau mengendarai spinning  bike atau sepeda statis selama 10 menit dengan kekuatan penuh. Setelah itu, periset mengulangi tes gerakan mata untuk kedua kalinya.

Mereka yang duduk dan membaca mendapatkan skor yang tidak berubah secara signifikan dari tes pertama sampai tes kedua. Tapi untuk peserta yang menggunakan sepeda statis, responnya meningkat lebih cepat hingga 50 milidetik. Para peneliti yakin, bahwa aktivitas fisik ini menyediakan dorongan untuk mengendalikan saraf okulomotor yang berkaitan dengan fungsi eksekutif otak.  

Studi ini menunjukkan bahwa orang bisa mendapatkan manfaat kognitif langsung hanya dari olahraga rutin selama 10 menit, meski tak dijelaskan berapa lama manfaat ini dirasakan tubuh setelah berolahraga.

Para peneliti juga tidak secara pasti mengatakan apa yang menyebabkan “dorongan” otak ini, namun sejumlah teori mengatakan, bahwa peningkatan aliran darah ke otak menjadi salah satu faktornya.

Selain itu, aktivitas ini terbukti melepaskan beberapa protein yang sangat spesifik yang terbukti menawarkan manfaat neuroprotektif dan merangsang pertumbuhan neuron baru di otak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah manfaat olahraga 10 menit ini juga berdampak pada mereka yang lebih tua dan kurang sehat. Sambil menunggu penelitian pendukung, tak ada salahnya berolahraga selama 10 menit secara rutin!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar