Sukses

Hindari Makanan Ini agar Tidak Kembung saat Naik Pesawat

Untuk memastikan penerbangan Anda menyenangkan, hindarilah beberapa makanan yang dapat memicu rasa kembung saat di pesawat.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu gangguan yang dapat dialami tubuh saat bepergian dengan pesawat adalah jet bloat. Kondisi ini merupakan rasa kembung dan begah pada perut saat berada di dalam pesawat.

Jet bloat dapat timbul apabila mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang proses pencernaannya dapat dipengaruhi oleh penerbangan. Karena itu, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang disarankan untuk dihindari sebelum naik pesawat. Apa saja makanan dan minuman tersebut?

  1. Kopi

Minum kopi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya dehidrasi. Tubuh pun akan lebih rentan mengalami nyeri kepala dan rasa mual. Sebagai tambahan, kopi juga membuat seseorang terjaga dan mengalami kesulitan tidur saat menjalani penerbangan berdurasi panjang.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari sebelum bepergian dengan pesawat. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki efek yang menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Akibatnya, tubuh dapat terasa tidak nyaman, mual, dan nyeri kepala.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng, dan sebagainya mungkin dapat mengenyangkan sehingga tidak membutuhkan banyak asupan lain selama penerbangan. Namun, makanan jenis ini kaya akan natrium dan lemak sehingga sulit dicerna pada ketinggian tertentu, dan kemungkinan terjadinya jet bloat pun menjadi lebih meningkat.

  1. Minuman bersoda

Konsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan produksi gas pada saluran cerna serta nyeri pada ulu hati saat penerbangan. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman selama perjalanan.

Mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari sebelum naik pesawat dapat menunjang kelancaran perjalanan Anda selama berlibur. Dengan demikian, Anda dapat tiba di tempat tujuan dengan rasa nyaman dan siap untuk melakukan berbagai aktivitas, tanpa dilanda kembung dan gangguan kesehatan lainnya.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar