Sukses

5 Cara Tetap Langsing Selama Liburan

Liburan, waktunya wisata kuliner. Ini kiatnya agar Anda tetap langsing dan sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak orang sering berpendapat, “Ah, mumpung liburan. Kapan lagi bisa makan enak?” Anda salah satunya? Sah-sah saja jika Anda ingin sesekali berwisata kuliner, dan tetap langsing, apalagi saat sedang liburan.

Namun, jangan sampai karena petualangan kuliner, Anda berakhir di rumah sakit akibat kena penyakit. Berikut ini lima kiat agar Anda tetap langsing dan sehat selama liburan.  

  1. Fokuslah pada suasana, bukan makanan

Berwisata kuliner tentu menjadi salah satu tujuan liburan Anda. Bertandang ke kota tertentu rasanya memang tak lengkap jika tidak makan makanan khasnya.

Akan tetapi, cobalah untuk lebih fokus pada suasana liburan Anda. Karena jika Anda betul-betul menikmati indahnya pemandangan, Anda akan melupakan daftar panjang makanan wajib yang ingin dicoba.  

  1. Pilih makanan sehat

Meskipun sedang liburan, bukan berarti Anda bebas makan sembarangan. Saat waktunya makan, utamakan menu yang tinggi serat, rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula.

Lalu untuk hidangan penutup, ketimbang memilih kue atau camilan yang manis, Anda bisa mengambil buah-buahan sebagai pencuci mulut. Buah-buahan tak kalah menyegarkan dibanding makanan lainnya, dengan bonus sehat pula!

  1. Tetap aktif

Olahraga merupakan cara paling efektif untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil saat liburan. Dengan aktif berolahraga, Anda dapat menghilangkan ekstra kalori dari tubuh.

Usahakan untuk tetap berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya. Lakukan olahraga ringan yang Anda sukai, misalnya berenang, berlari, bersepeda, atau apa pun. Kuncinya adalah tetap aktif bergerak.

  1. Perhatikan konsumsi minuman

Gerai kopi favorit Anda mengeluarkan menu spesial Natal, seperti latte dengan peppermint, moka, atau cokelat? Hati-hati, satu gelas minuman favorit Anda itu bisa mengandung hingga 500 kalori, apalagi bila dibuat dengan ekstra whipped cream dan susu full cream.

Untuk Anda penikmat kopi, lebih baik pilih kopi hitam tanpa tambahan topping apa pun jika tak ingin diet Anda rusak. Ingatlah bahwa selain makanan, minuman juga dapat menyumbang kalori berlebih bagi tubuh.

  1. Cukup minum

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan minum Anda setiap harinya, yakni sebanyak delapan gelas. Jika Anda terhidrasi dengan baik, rasa lapar dan keinginan mengudap juga akan berkurang. Sebab terkadang tubuh menyalahartikan rasa haus sebagai rasa lapar.

Tapi yang Anda minum sebaiknya air putih, ya. Bukan alkohol atau minuman tinggi gula yang malah bisa membuat berat badan melambung.

Ingin tetap langsing dan bugar selama liburan? Andalah yang menentukan! Untuk itu, selalu perhatikan kebiasaan-kebiasaan Anda agar jarum timbangan tak bergeser ke arah kanan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar