Sukses

Hangover Usai Merayakan Tahun Baru? Makan Ini!

Merayakan malam tahun baru dengan minuman beralkohol? Makanan-makanan ini dapat membantu meredakan hangover saat bangun tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Malam tahun baru adalah saatnya berpesta bagi sebagian orang dan tak jarang berlangsung semalaman. Tak jarang, mereka yang mengabiskan malam tahun baru dengan perayaan meriah akan bangun dari tidurnya dengan keadaan hangover, atau disebut juga pengar, akibat terlalu banyak menikmati minuman beralkohol.

Hangover adalah kumpulan gejala yang dialami seseorang setelah banyak minum minuman beralkohol –biasanya hingga mengalami kondisi mabuk. Dalam kondisi ini, seseorang biasanya akan merasakan nyeri kepala, pusing, mual, mengantuk, linglung, dan kehausan.

Kondisi hangover ini erat kaitannya dengan jumlah minuman beralkohol yang dikonsumsi. Selain itu juga dipengaruhi oleh kecukupan tidur dan kondisi tubuh sebelum mulai minum, seperti perut lapar, kenyang, dehidrasi, dan sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencegah atau meminimalisir parahnya hangover sebelum mulai minum minuman beralkohol. Sangat dianjurkan untuk makan sebelumnya, tidur cukup, dan lain-lain. Namun jika Anda sudah terlanjur mengalami hangover, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meredakannya.

  • Telur

Sarapan telur adalah pilihan terbaik dan termudah yang bisa Anda siapkan saat masih dalam keadaan hangover. Telur kaya akan asam amino sistein dan taurin yang akan membantu kerja hati Anda. Sistein akan memecah asetaldehida yang merupakan senyawa sisa setelah etanol dalam minuman Anda diproses oleh hati. Asetaldehida inilah yang menyebabkan nyeri kepala saat hangover terjadi. Taurin, di sisi lain, dapat meningkatkan kerja hati dan mencegah penyakit hati.

  • Sup

Sup ayam, sup daging, soto, mi rebus, atau makanan berkuah hangat lainnya merupakan makanan hangover andalan di seluruh penjuru dunia. Selain lezat, sup dapat memasok kebutuhan natrium dan cairan dalam tubuh.

  • Pisang

Pisang terkenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi. Ini  penting untuk menggantikan kalium yang hilang karena efek diuretik, yaitu sifat atau penyebab naiknya laju urinasi dari alkohol. Jika pisang saja terlihat tidak menggiurkan untuk sarapan, haluskan pisang bersama yoghurt atau buah-buahan lain menjadi smoothie yang segar.

  • Protein

Selain dari telur, sumber protein lain seperti ayam dan ikan juga dapat membantu meredakan gejala pengar. Setelah konsumsi gula, lemak, atau alkohol yang berlebihan, tubuh akan bekerja keras untuk kembali ke kondisi normal. Anda bisa membantu proses perbaikan ini dengan menambah asupan protein yang akan meningkatkan kinerja tubuh. Namun perlu diingat, alkohol akan menghambat kemampuan tubuh mencerna protein, sehingga makanlah dalam porsi yang sedikit namun sering.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk minum banyak air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi saat menderita hangover. Yang terbaik adalah menghindari minuman beralkohol, atau mengetahui dengan saksama batas toleransi tubuh sebelum memutuskan untuk merayakan tahun baru dengan minuman beralkohol. Jangan sampai lupa untuk terus selalu menjalani gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar sepanjang tahun baru.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar