Sukses

Sederet Manfaat Liburan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tidak hanya melepas penat, liburan juga dapat mendatangkan manfaat sehat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, banyak keluarga yang memilih untuk mengisi waktu dengan liburan. Ya, aktivitas ini memang sangat baik untuk menyegarkan pikiran dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Selain itu, liburan ternyata juga mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh Anda, lho!

Para pakar dari Icahn School of Medicine, University of California, dan Harvard University menemukan bahwa liburan yang berlangsung selama 6 hari dapat mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Beberapa dari manfaat tersebut, termasuk menurunkan risiko terjadinya stres, serta memperkecil kemungkinan demensia maupun depresi.

Seorang profesor di bidang psikiatri dari University of California di San Francisco, Dr. Elissa Epel, mengatakan bahwa liburan dapat menurunkan proses biologis yang berkaitan dengan stres. Beliau juga menambahkan bahwa liburan, bahkan dengan durasi yang pendek, juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

“Liburan di lingkungan yang santai dan diselingi dengan aktivitas relaksasi dapat semakin meningkatkan manfaat kesehatan yang akan dirasakan,” katanya.

Di sisi lain, sebuah penelitian menyebutkan bahwa efek positif yang timbul setelah liburan juga dapat meningkatkan produktivitas, serta membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan lebih baik.

Jadi, selain bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati dan pikiran, liburan juga memiliki dampak positif dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu jika Anda ingin menghabiskan akhir tahun dengan pergi berlibur bersama keluarga. Selamat liburan!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar