Psikologi Keluarga

Beragam Ide Seru untuk Merayakan Liburan Tahun Baru di Rumah

dr. Devia Irine Putri, 27 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merayakan tahun baru di rumah bersama keluarga juga bisa menyenangkan, lho! Bagaimana caranya? Simak tips merayakan tahun baru di rumah berikut

Beragam Ide Seru untuk Merayakan Liburan Tahun Baru di Rumah

Sebentar lagi tahun baru akan tiba. Biasanya, kamu dan keluarga sudah merencanakan berbagai hal yang menyenangkan, salah satunya bepergian. 

Namun, bila akhirnya kamu dan keluarga harus melewatkan liburan di rumah, terlebih saat masa pandemi seperti ini, janganlah kecewa. Jadikan momen tahun baru di rumah tetap seru dengan cara-cara kreatif.

Liburan di rumah tak selalu membosankan, kok. Selain menghemat biaya, liburan di rumah membuat kamu dan keluarga merasa aman dan nyaman. Liburan di rumah juga dapat mempererat hubungan dan komunikasi antarkeluarga.

Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa kamu akukan bersama keluarga selama liburan tahun baru di rumah, yaitu:

1. Bermain Kantong Ide

Satu minggu sebelum tahun baru tiba, siapkan kantong berisi ide atau hal apa yang akan dilakukan keluarga di jam tertentu setiap harinya. Masing-masing orang mengusulkan sebuah ide aktivitas yang tidak diketahui oleh anggota keluarga lainnya.

Ketika saatnya tiba, anggota keluarga yang memberi usul berhak memimpin aktivitas tersebut. Keseruan akan didapat saat anggota keluarga lain harus melakukan sesuatu yang tidak biasa.

2. Berburu Harta Karun

Bagi kamu yang memiliki anak kecil di rumah, berburu harta karun menjadi ide tahun baru yang mengasyikkan. Permainan ini bersifat serial yang bisa dimulai sejak beberapa hari sebelum tahun baru.

Siapkan rangkaian teka-teki yang harus dipecahkan setiap hari untuk bisa mendapatkan petunjuk berikutnya. Saat tahun baru tiba, saatnya anggota keluarga menemukan harta karun yang selama ini dicari.

Artikel Lainnya: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Begadang di Tahun Baru

3. Menonton film favorit keluarga

Liburan tahun baru bisa digunakan untuk menghabiskan waktu dengan menonton film favorit atau film yang selama ini belum sempat ditonton. Sediakan pilihan film keluarga yang layak ditonton untuk anak dan dewasa.

Kamu dan anggota keluarga lainnya bisa saling bergantian untuk memilih film yang akan ditonton di waktu tertentu, setiap harinya. Sediakan pula camilan sehat seperti yoghurt, buah potong, oat cakes, atau dark chocolate.

4. Karaoke atau Jam Session

Bila keluargamu suka bernyanyi atau bermusik, karaoke atau jam session (bermain musik dalam kelompok) bisa menjadi alternatif yang seru. Pilih lagu-lagu favorit dari tiap anggota keluarga.

Supaya makin seru, akmu juga bisa mengadakan kontes siapa anggota keluarga yang paling all out. Bila memungkinkan, sediakan kostum sederhana atau dresscode. Adakan sesi foto juga untuk mengabadikan momen spesial ini.

Artikel Lainnya: 6 Cara Atasi Sakit Kepala Setelah Tahun Baru

5. Memasak Bersama

Ide tahun baru di rumah selanjutnya adalah makan bersama. Pilih daftar makanan yang disukai seluruh anggota keluarga.

Setiap harinya, kamu bisa memasak satu jenis makanan dari daftar tersebut. Pastikan tiap anggota keluarga mendapat bagian tugasnya masing-masing saat beraktivitas. Di malam tahun baru, masaklah beberapa hidangan favorit keluarga lalu nikmatilah bersama-sama.

6. Berkemah di Halaman Rumah

Apabila bosan tidur di kamar, berkemah di halaman rumah bisa menjadi alternatif. Jadikan suasana halaman seperti tempat perkemahan yang jauh dari rumah. 

Ajak anak-anak yang masih kecil untuk menikmati bulan dan bintang sambil mendongeng cerita favorit mereka. Jika kamu hanya berdua dengan pasangan, jadikan momen ini sebagai waktu untuk melakukan refleksi tahunan.

7. Menonton Kilas Balik Memori Keluarga Selama Setahun

Buatlah kompilasi foto dan video keluarga yang berkesan selama setahun ke belakang. Mulailah dari momen penting seperti anak masuk sekolah, melahirkan, menikah, ulang tahun pernikahan, lulus sekolah, saat berwisata bersama, momen-momen candid, hingga kejadian konyol yang dialami anggota keluarga. 

Aktivitas ini memungkinkan kamu untuk kembali merasakan berbagai emosi bersama anggota keluarga lainnya.

Artikel Lainnya: Tips Tetap Sehat dan Bisa Begadang di Malam Tahun Baru

8. Aktivitas Refleksi dan Saling Memaafkan

Beberapa jam sebelum tahun baru tiba, lakukan refleksi bersama anggota keluarga yang dicintai. Untuk mewujudkan ide tahun baru di rumah ini, kamu perlu menyiapkan sekitar 20 lembar kertas kecil yang berisikan sebuah pertanyaan.

Gulung dan masukkan selembar kertas ke dalam satu potongan kecil sedotan. Setelah itu, kumpulkan semua sedotan berisi kertas di dalam satu wadah.

Tiap anggota keluarga akan mengambil satu pertanyaan secara acak. Untuk menentukan giliran, gunakan botol kaca bekas yang diputar sebagai penunjuk. Selain refleksi, momen ini juga memberi kesempatan untuk saling memaafkan.

9. Tebak-Tebakan Resolusi Tahun Baru

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Nah, kamu bisa seru-seruan dengan cara menebak resolusi setiap anggota keluarga di rumah. 

Pada malam tahun baru, setiap anggota keluarga harus menuliskan beberapa resolusi. Satu kertas untuk satu resolusi. Masukkan seluruhnya ke dalam keranjang. Ambil satu kertas, lalu bacakan keras-keras. 

Setiap anggota keluarga harus menebak dan menuliskan siapa yang memiliki resolusi tersebut. Setelah semua resolusi terbaca, tentukan pemenang dari yang paling banyak menjawab dengan benar.

Artikel Lainnya: Trik Atasi Hangover Usai Pesta Tahun Baru

10. Perayaan Tahun Baru Via Daring

Saat pandemi seperti sekarang, hampir semua kegiatan dilakukan secara daring alias via online. Kamu tetap bisa merayakan kegembiraan tahun baru bersama keluarga lain melalui fitur video call

Acara tatap muka via daring ini bisa dimodifikasi agar tetap seru, misalnya dengan diadakannya kuis atau unjuk bakat antar keluarga. Kamu bisa menemukan berbagai macam aplikasi yang tersedia di internet guna membantu jalannya permainan ini.

11. Pesta Kebun

Ingin tetap merayakan pesta tahun baru? Jangan sedih! Kamu bisa memili ide tahu baru di rumah dengan mengadakan pesta kebun di halaman rumah.

Libatkan anak-anakmu untuk menyiapkan segala keperluan pesta, dari dekorasi hingga berbagai jenis makanan yang akan disajikan. 

Jangan lupa juga untuk memutar lagu atau memainkan alat musik agar pesta tahun baru kamu semakin meriah.

Artikel Lainnya: Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

Siapa bilang liburan tahun baru di rumah membosankan? Agar lebih berkesan, diskusikan dan persiapkanlah acara bersama-sama dengan anggota keluarga tercinta. Selain menyenangkan, ide tahun baru di rumah yang sudah dijelaskan di atas juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar keluarga, jangan ragu untuk konsultasikan hal ini dengan psikolog. Kamu juga bisa melakukan konsultasi daring dengan psikolog lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu menjelang tahun baru ini agar tidak mudah sakit, ya!

(OVI/JKT)

Tahun BaruLiburan

Konsultasi Dokter Terkait