Sukses

9 Ide Seru Liburan Tahun Baru dengan Keluarga di Rumah

Ini caranya agar liburan Tahun Baru Anda tetap seru meski hanya di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan Tahun Baru identik dengan bepergian. Namun, bila akhirnya Anda dan keluarga harus melewatkan liburan di rumah, jangan kecewa. Jadikan momen tersebut tetap seru dengan cara-cara kreatif.

Berikut ini adalah 9 ide seru untuk liburan di rumah, yang bisa Anda lakukan bersama keluarga:

  1. Bermain kantong ide

Satu minggu sebelum Tahun Baru tiba, siapkan kantong atau kaleng yang berisi ide-ide tentang apa yang akan dilakukan bersama-sama di jam tertentu setiap harinya. Masing-masing anggota keluarga mengusulkan sebuah ide aktivitas, yang tidak diketahui oleh anggota keluarga lainnya.

Ketika saatnya tiba, anggota keluarga yang memberi usul berhak memimpin aktivitas  tersebut. Keseruan akan didapat saat anggota keluarga lain harus melakukan sesuatu yang tidak biasa.

  1. Berburu harta karun

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, berburu harta karun dapat membuat si Kecil bersemangat dalam menyambut Tahun Baru. Permainan ini bersifat serial yang dimulai sejak beberapa hari sebelum Tahun Baru.

Siapkan rangkaian teka-teki yang harus dipecahkan setiap harinya untuk bisa mendapatkan petunjuk berikutnya. Saat Tahun Baru tiba, saatnya anggota keluarga pada akhirnya menemukan harta karun yang selama ini dicari.

  1. Menonton film favorit keluarga

Liburan Tahun Baru bisa digunakan untuk menghabiskan film seri favorit atau film-film yang selama ini belum sempat ditonton. Sediakan pilihan film keluarga yang layak ditonton anak dan dewasa.

Anda dan anggota keluarga lainnya bisa saling bergantian untuk memilih film yang akan ditonton di waktu tertentu, setiap harinya. Sediakan pula camilan sehat seperti yoghurt, buah potong, oat cakes, atau dark chocolate.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Karaoke atau jam session

Bila keluarga Anda suka bernyanyi atau bermusik, karaoke atau jam session (bermain musik dalam kelompok) bisa menjadi alternatif yang seru. Pilih lagu-lagu favorit dari tiap anggota keluarga.

Supaya makin seru, Anda juga bisa mengadakan kontes siapa anggota keluarga yang paling all out.  Bila memungkinkan, sediakan kostum sederhana atau dresscode. Adakan sesi foto juga untuk mengabadikan momen spesial ini.

  1. Memasak bersama

Pilih daftar makanan yang disukai seluruh anggota keluarga. Setiap harinya, masaklah satu jenis makanan dari daftar tersebut. Pastikan tiap anggota keluarga mendapat bagian tugasnya masing-masing saat beraktivitas.

Di malam Tahun Baru, masaklah beberapa hidangan favorit keluarga lalu undang tetangga atau kerabat dekat untuk menikmatinya bersama-sama.

  1. Berkemah di halaman rumah

Bila bosan tidur di dalam rumah, ide ini bisa menjadi alternatif. Jadikan suasana seperti layaknya Anda berkemah jauh dari rumah. Ajak anak-anak Anda yang masih kecil untuk menikmati bulan dan bintang sambil mendongeng cerita favorit mereka. Bila Anda hanya berdua dengan pasangan, jadikan momen ini sebagai waktu untuk melakukan refleksi tahunan.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Menonton kilas balik memori keluarga selama setahun

Buat kompilasi foto dan video keluarga yang berkesan selama setahun ke belakang. Mulailah dari momen penting seperti anak masuk sekolah, melahirkan, menikah, ulang tahun pernikahan, lulus sekolah, saat berwisata bersama, momen-momen candid, hingga kejadian-kejadian konyol yang dialami anggota keluarga. Aktivitas ini memungkinkan Anda untuk kembali merasakan berbagai emosi bersama anggota keluarga lainnya.

  1. Aktivitas refleksi dan saling memaafkan

Beberapa jam sebelum Tahun Baru tiba, lakukan refleksi bersama anggota keluarga yang dicintai. Sebelumnya, siapkan kurang lebih 20 lembar kertas kecil yang telah dituliskan sebuah pertanyaan. Gulung dan masukkan ke dalam potongan sedotan, lalu masukkan seluruhnya ke dalam satu wadah.

Tiap anggota keluarga akan mengambil satu pertanyaan secara acak. Untuk menentukan giliran, gunakan botol kaca bekas sebagai pemutar. Selain refleksi, momen ini juga memberi kesempatan untuk saling memaafkan.

  1. Tebak-tebakan resolusi Tahun Baru

Sesaat setelah Tahun Baru tiba atau keesokan harinya dapat digunakan sebagai momen untuk membuat resolusi. Setiap anggota keluarga dapat menuliskan beberapa resolusi. Satu kertas untuk satu resolusi.

Masukkan seluruhnya ke dalam keranjang. Ambil satu kertas, lalu bacakan keras-keras. Setiap anggota keluarga harus menebak dan menuliskan siapa yang memiliki resolusi tersebut. Setelah semua resolusi terbaca, tentukan pemenang dari yang paling banyak menjawab dengan benar.

Siapa bilang liburan di rumah membosankan? Agar lebih berkesan, diskusikan dan persiapkanlah acara bersama-sama dengan anggota keluarga tercinta. Selain menyenangkan, ide-ide di atas juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga yang mungkin terbiasa sibuk dengan urusan masing-masing. Selamat Tahun Baru!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar