Sukses

Kiat Pengamanan agar Lansia Tak Mudah Jatuh di Rumah

1 dari 3 orang yang berusia 65 tahun ke atas pernah terjatuh di rumah. Berikut ini adalah beberapa tip meminimalkan risiko lansia jatuh di r

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki orang tua atau saudara yang menderita osteoporosis, sepertinya Anda harus lebih perhatian terhadap kondisi lingkungan mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjaga kondisi rumah agar mereka tidak mudah jatuh. Perlu diketahui, menurut hasil riset, 1 dari 3 orang yang berusia 65 tahun ke atas pernah terjatuh di rumah.

Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan ini, Anda harus segera mengambil langkah pengamanan secara tepat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan jalan yang sering dilalui dari barang-barang seperti sepatu, buku, keranjang atau barang-barang lainnya. 
  2. Gunakan perekat pada karpet agar posisinya tidak bergeser ketika mereka melangkah di atasnya. Hal ini berguna untuk mencegah seseorang tergelincir.
  3. Letakkan bahan antiselip di bawah keset kamar mandi. Permukaan yang basah selalu berbahaya karena dapat dengan mudah membuat seseorang tergelincir.
  4. Simpan barang-barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Seseorang akan lebih mudah terjatuh apabila harus meraih sesuatu yang lebih tinggi dari badannya.
  5. Jangan berjalan menggunakan kaus kaki di dalam rumah. Sebagai gantinya, gunakan alas kaki berbahan karet, untuk mencegah lansia tergelincir.
  6. Gunakan tongkat atau alat bantu jalan.

Berusaha untuk selalu sehat

Terlepas dari hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, kondisi tubuh juga harus dijaga supaya seseorang tidak mudah terjatuh di rumah. Olahraga bisa memperkuat otot, serta mampu menjaga  kekuatan kaki, punggung, dan perut.

Jika Anda mengalami masalah dengan keseimbangan, tak adalah salahnya untuk segera menemui terapis fisik. Selain itu, Anda juga bisa latihan untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, seperti latihan tai chi dan yoga.  

Saat memasuki masa lansia, dan harus  melakukan berbagai aktivitas fisik, jangan mengerjakannya secara terburu-buru, karena membuat risiko terjatuh menjadi lebih besar. Gunakanlah waktu dengan bijak dan tepat.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar