Sukses

Mengapa Patah Hati Bikin Tak Nafsu Makan?

Patah hati dan tak nafsu makan merupakan dua kondisi yang kerap kali saling berkaitan. Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Seseorang yang patah hati pasti akan mengalami kesedihan yang mendalam. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa membuatnya tak nafsu makan seseorang. Tahukah Anda mengapa bisa demikian?

Sebuah studi dilakukan oleh Rutgers University. Dalam penelitian ini, para responden diperlihatkan pada orang-orang yang telah putus hubungan dengan mereka. Hasilnya mengungkapkan, bagian otak yang terkait dengan rasa ‘sakit hati’ memberikan respons kuat. Kemudian, hal ini membawa pengaruh pada detak jantung, yang pada akhirnya membuat selera makan menjadi kacau.

Menurut ahli asmara, Marina Pearson, saat seseorang mengalami patah hati, hal pertama yang dilakukan oleh tubuh adalah menciptakan lebih banyak hormon adrenalin. Keadaan ini membuat sistem pencernaan melambat, sehingga tubuh tidak akan merasa cepat lapar.

Tidak hanya itu, hormon adrenalin yang meningkat akibat patah hati juga dapat membuat kadar hormon kortisol melonjak. Kondisi ini dapat menyebabkan:

  1. Peningkatan kadar gula darah
  2. Kehilangan kalsium dari tulang
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Kehilangan massa otot
  5. Lemak meningkat
  6. Fungsi kognitif menurun.

Itulah alasan medis mengapa patah hati bisa bikin nafsu makan berkurang, dan segudang masalah kesehatan lainnya. Jika Anda sedang berada dalam kondisi ini, jangan tinggal diam. Segera cari solusi dari psikolog, agar kondisi hati dan nafsu makan Anda bisa kembali normal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar