Sukses

Hati-hati, Salon Kecantikan Juga Bisa Jadi Sumber Penyakit

Penelitian membuktikan bahwa salon kecantikan juga bisa menjadi sumber penyakit yang sering tidak disadari.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda para wanita yang gemar pergi ke salon kecantikan, mulai saat ini Anda harus lebih berhati-hati. Karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata salon juga dapat menjadi sumber penyakit. Beberapa orang mengalami masalah kulit, infeksi jamur dan gangguan pernapasan setelah mengunjungi salon kecantikan.

Seperti dikutip dari WebMD, survei penelitian tersebut melibatkan 90 pelanggan salon kuku dan rambut di tiga wilayah di New Jersey. Sekitar 42 persen pelanggan mengalami masalah kulit dan 10 persennya melaporkan ada infeksi jamur setelah kunjungannya ke salon. Keluhan yang diterima berupa rasa gatal pada tangan atau wajah, rasa terbakar, kemerahan di sekitar area kuku dan jamur di sekitar jari.

Sementara, 1 dari 6 peserta melaporkan keluhan lain seperti pilek, mata berair, susah bernapas dan sakit kepala. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa keluhan terbanyak dilaporkan oleh mereka yang mengunjungi salon kuku daripada salon rambut.

Pada umumnya, banyak salon menawarkan jasa manikur, pedikur atau pewarnaan rambut. Namun, banyak dari pegawai salon yang tidak mengerti efek dari paparan bahan kimia yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dapat menjadi sumber penyakit berbahaya juga.

Beberapa bahan yang digunakan untuk perawatan tersebut bahkan  bisa menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Tidak hanya itu, karena peralatan salon digunakan oleh banyak orang, sangat memungkinkan sumber penyakit infeksi atau jamur berasal dari alat-alat yang tidak disterilisasi sebelum digunakan kembali. 

Dr. Debra Spicehandler Co-chief of infectious diseases dari Northern Westchester Hospital mengatakan, bagi Anda yang rutin pergi ke salon, pastikan bahwa peralatan yang digunakan sudah disterilisasi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dari alat-alat salon yang digunakan oleh banyak orang.  

Selain itu, menurut Spicehandler, khusus penderita diabetes perlu berhati-hati saat akan melakukan perawatan pedikur di salon kecantikan. Ia menyarankan jika ingin mendapatkan perawatan tersebut, sebaiknya penderita diabetes mendapatkan perawatan dari ahli podiatri.

Untuk mencegah penularan penyakit yang ditularkan dari salon kecantikan, Pastikan salon yang Anda pilih mempunyai sertifikat tata rias yang dapat dipercaya, sehingga terhindar dari sumber penyakit. Dengan adanya sertifikasi tersebut, Anda tak perlu lagi khawatir untuk melakukan perawatan kecantikan di salon. Yuk, jadi konsumen cerdas agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar