Sukses

Hati-Hati, Salon Kecantikan Bisa Jadi Sumber Penyakit!

Perawatan kecantikan di salon rutin dilakukan oleh sebagian orang. Namun, hati-hati salon ternyata bisa jadi sumber penyakit.

Tampil cantik dan terawat tentu merupakan idaman setiap wanita. Salah satu cara wanita meningkatkan rasa percaya diri tersebut adalah dengan merawat diri di salon.

Tak hanya wanita saja, pria pun tidak lagi tabu untuk datang melakukan perawatan di salon. Namun, Anda yang gemar pergi ke salon perlu berhati-hati karena salon bisa jadi sumber penyakit.

 

1 dari 3 halaman

Waspada, Salon Bisa Jadi Sumber Penyakit

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata salon juga dapat menjadi sumber penyakit. Berbagai penularan penyakit ini dapat terjadi, di antaranya:

1. Hepatitis

Ketika Anda terpapar oleh darah orang lain, maka terdapat risiko penularan virus hepatitis B dan C. Salon kecantikan dapat menjadi salah satu sumber penyakit ini.

Berbagai perawatan di salon seperti manikur dan pedikur dapat menjadi salah satu sarana penularan hepatitis. Untuk itu, pastikan tempat yang Anda datangi melakukan proses sterilisasi dan disinfeksi alat dengan baik setelah digunakan.

Bahkan jika memungkinkan, sebaiknya bawa sendiri peralatan manikur dan pedikur Anda saat sedang perawatan di salon.

Artikel Lainnya: 8 Area dan Peralatan Paling Berkuman di Salon Kecantikan

2. Dermatitis Kontak

Salah satu risiko perawatan di salon adalah meningkatnya kemungkinan terjadi dermatitis kontak iritan. Pada kondisi ini, terjadi kerusakan lapisan pelindung kulit akibat adanya paparan oleh bahan fisik ataupun kimia, misalnya adanya paparan obat kimia untuk cat pewarna rambut, sampo, atau bahan kimia lainnya.

3. Infeksi Jamur

Perawatan di salon dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi jamur. Infeksi dapat menular melalui kontak dengan objek yang telah disentuh manusia atau hewan yang terinfeksi, seperti pakaian, handuk, seprai, atau sisir, atau bersentuhan langsung dengan manusia atau hewan yang terinfeksi.

Tak hanya pada badan, infeksi jamur juga dapat terjadi di kulit kepala hingga kuku. Alat di salon kecantikan yang kebersihannya tidak terjaga rentan menularkan infeksi jamur.

Artikel Lainnya: Infeksi Jamur Juga Bisa Menular Lewat Sentuhan

4. Folikulitis

Folikulitis merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada folikel rambut. Infeksi pada awalnya disebabkan oleh adanya gesekan dari rambut ke pakaian, mencukur, atau blokade dari tumbuhnya rambut. Nantinya, kondisi ini berakibat infeksi dan radang pada akar rambut.

Folikulitis sering kali terjadi usai perawatan waxing atau threading rambut, apabila terjadi trauma atau adanya luka terbuka setelah proses perawatan tersebut.

5. Kutu Rambut

Kutu rambut atau pedikulosis kapitis merupakan infeksi pada kulit kepala dan rambut manusia yang disebabkan oleh kutu kepala Pediculus humanus var. capitis. Perawatan di salon dapat menjadi salah satu sumber penyakit kutu rambut ini.

Penularan terjadi melalui kontak langsung dengan agen penyebab, seperti kontak fisik erat dengan kepala penderita atau melalui peralatan di salon kecantikan yang terinfeksi, misalnya pemakaian bersama aksesori kepala, sisir, dan bantal.

Artikel Lainnya: 5 Lokasi di Mal yang Bisa Bikin Anak Ketularan Penyakit

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Penularan Penyakit di Salon

Berbagai perawatan di salon kecantikan bisa menjadi sumber penyakit di atas. Untuk mencegahnya, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini saat pergi merawat diri:

  • Hindari Pergi ke Salon Saat Ada Luka atau Kulit Meradang

Kulit dan kuku memiliki lapisan pelindung terhadap lingkungan luar. Jika Anda sedang memiliki luka terbuka, maka risiko Anda untuk mengalami infeksi juga meningkat. Dalam kondisi ini, sebaiknya tunda dahulu kunjungan ke salon kecantikan.

  • Kunjungi Salon yang Memiliki Reputasi Baik

Pastikan salon yang Anda kunjungi telah memiliki reputasi yang baik dari segi perawatan, kebersihan, hingga kredibilitas pegawainya dalam melakukan tindakan yang sesuai prosedur.

  • Tanyakan Mengenai Kebersihan di Salon

Anda bisa memastikan kebersihan di salon tersebut dengan menanyakan cara mensterilkan alat-alat yang digunakan untuk meminimalkan berbagai risiko penyakit menular.

  • Bawa Sendiri Alat Manikur dan Pedikur

Alat-alat di salon kecantikan bisa menjadi sumber penyakit. Untuk meminimalkan risikonya, Anda bisa membawa sendiri alat-alat yang akan digunakan untuk perawatan seperti alat manikur dan pedikur.

Sumber penyakit dapat berasal dari mana saja. Untuk itu, waspadalah ketika pergi ke salon kecantikan dengan melakukan berbagai pencegahan sebelumnya. Jika tidak, risiko terkena berbagai penyakit, mulai dari hepatitis hingga kutu rambut bisa terjadi. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar