Sukses

Kiat Menolong Lansia Saat Terserang Alergi

Penanganan alergi yang dilakukan terhadap lansia berbeda dari usia lainnya. Berikut ini pemaparannya.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali pada lansia. Alergi pada lansia bisa disebabkan karena beberapa hal, yaitu karena daya tahan tubuh yang menurun, perubahan anatomi tubuh, serta penggunaan obat-obat tertentu yang dapat memperparah alergi.

Alergi pada lansia ini memang sering terjadi. Berikut adalah beberapa cara menolong lansia saat terserang alergi :

  1. Cari penyebabnya

Jika alergi baru terjadi pertama kali pada lansia, coba gali lebih dalam dari orang yang setiap hari merawat dan berada di dekatnya. Penyebab alergi yang sering adalah debu, udara dingin dan makanan seperti seafood atau telur. Setelah mengetahui penyebabnya, yang harus dilakukan pertama kali adalah hindarkan lansia dari penyebab alerginya (alergen).

Bagi lansia penderita hipertensi yang mengonsumsi obat hipertensi golongan ACE Inhibitor disarankan untuk berhati-hati. Karena obat tersebut memiliki efek samping batuk yang dapat memancing kambuhnya asma.

  1. Kenali gejala yang sering muncul

Gejala alergi bermacam-macam bentuknya, dari sesak napas, batuk, gatal pada kulit atau diare. Jadi, jika gejala yang sering muncul sudah tampak, segera berikan obat yang biasa dikonsumsi.

  1. Sediakan obat yang biasa dikonsumsi

Lansia dengan alergi biasanya sudah memiliki obat khusus yang harus ada di lemari penyimpanan obat. Hati-hati terhadap kombinasi obat yang dikonsumsi tanpa petunjuk dokter. Karena beberapa kombinasi obat dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi lansia. Hal ini disebabkan karena mulai menurunnya fungsi ginjal di saat usia menua.

Biasanya kombinasi obat yang diberikan saat timbul gejala alergi pada lansia adalah obat antihistamin yang dikombinasikan dengan steroid.

  1. Bawa ke dokter jika gejala tidak mereda

Jika dengan diberikan obat antihistamin gejala tidak berkurang, maka segera bawa lansia ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Alergi tak boleh dianggap sepele, apalagi pada lansia yang kondisi kekebalan tubuhnya sudah menurun. Karena walaupun terlihat ringan, alergi dapat berakibat fatal jika tidak segera diatasi. Sayangi keluarga atau orang terdekat Anda yang telah berumur senja dengan memberikan perlindungan yang terbaik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar