HomeInfo SehatTulangSering Bawa Tas Berat Bisa Ganggu Kesehatan Tulang
Tulang

Sering Bawa Tas Berat Bisa Ganggu Kesehatan Tulang

Gerardus Septian Kalis, 30 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jika Anda terlalu sering membawa tas berat, beberapa bagian tubuh akan terasa sakit. Tulang pun terancam bermasalah.g

Sering Bawa Tas Berat Bisa Ganggu Kesehatan Tulang

Kebiasaan menggendong atau menjinjing tas terlalu berat di bahu, ternyata dapat membahayakan kesehatan tulang. Menurut Dr. Sabrina Strickland, seorang ahli bedah ortopedi dari Hospital for Special Surgery di New York, sejumlah bagian tubuh seperti punggung, leher dan bahu akan terasa sakit akibat kebiasaan membawa tas berat ini.

Bahkan, jika kebiasaan membawa tas berat sering dilakukan oleh anak kecil, hal ini bisa menyebabkan skoliosis.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Physical Therapy Science mengungkapkan, jika Anda terbiasa membawa tas di satu sisi, hal ini bisa memengaruhi bagaimana Anda berjalan.

Oleh karena itu, agar keseimbangan berjalan tidak terganggu, Anda harus menghindari kebiasaan membawa tas pada satu sisi saja. Bobot tas yang baik adalah tidak lebih dari 10%  berat tubuh Anda.

Dengan membebankan berat tas di bahu, Strickland mengatakan, Anda akan terhindar dari ketidakseimbangan tubuh. Berat tas yang terdistribusi dengan baik adalah cara termudah untuk menjaga postur bahu dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Jika Anda membawa tas bahu, ubah posisinya secara berkala untuk mencegah ketegangan otot di satu sisi.

Menggunakan tas model ransel adalah pilihan terbaik. Tas ransel sedikit lebih baik dari tas bahu, sebab bobot tas dapat terbagi rata di kedua bahu. Meski begitu, tas ransel juga bisa menyebabkan leher tegang.

Terlepas dari seberapa berat tas Anda, memiliki tulang yang kuat akan membantu Anda berdiri tegak dan terhindar dari masalah tulang. Pastikan bahwa sit-up dan latihan punggung masuk dalam rutinitas Anda sehari-hari.

Mengingat banyaknya risiko yang mengintai di balik tas yang berat, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih selektif dalam memilih barang yang akan dibawa jika bepergian. Sehingga, beban tas Anda pun menjadi lebih ringan.

Selain pemilihan jenis tas yang baik, untuk menjaga kesehatan tulang Anda dapat menambahkan menu buah dan sayur dalam asupan harian, terutama yang mengandung kalsium tinggi seperti bayam, brokoli dan jeruk. Lakukan juga olahraga secara rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga hingga usia senja.

[NP/ RVS]

Kesehatan TulangpunggungTasBawa Tas Berat

Konsultasi Dokter Terkait