Sukses

Kiat Atasi Begah Saat Perut Terlalu Kenyang

Perut begah sering terjadi jika Anda kekenyangan. Bagaimana menghilangkannya? Simak cara mengatasi begah setelah makan berikut.

Saat “lapar mata” dan makan berlebihan, biasanya Anda akan merasakan perut begah karena terlalu kenyang. Kondisi ini disebabkan oleh produksi gas yang berlebih di lambung atau terganggunya pergerakan otot-otot usus.

Terdapat sekitar 16-30 persen orang yang dilaporkan sering mengalami begah. Kebanyakan kasus bukan disebabkan oleh masalah serius, tapi lebih pada pola diet dan makan.

Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan membuat perut terlihat lebih besar. Lalu, apa saja cara mengatasi begah dan mencegahnya?

1 dari 7 halaman

1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Salah satu penyebab meningkatnya asam lambung saat begah adalah makan dalam porsi yang besar dalam sekali makan. Biasanya, orang makan dalam porsi besar disebabkan oleh rasa lapar hebat.

Sebagai cara mengatasi perut begah itu, jangan tunggu hingga hingga sangat lapar untuk makan dan makanlah hanya dalam porsi sedikit. Jika perlu, siapkan camilan di sela-sela waktu makan besar untuk menghindari munculnya rasa lapar berlebih.

2. Pastikan Tidak Konsumsi Makanan yang Picu Alergi Anda

Beberapa orang mungkin mengalami alergi atau intileransi terhadap makanan tertentu. Ketika memakannya, anda akan mengalami produksi gas berlebih, begah, dan berbagai gejala pencernaan lainnya. 

Beberapa jenis makanan yang perlu dipertimbangkan antara lain laktosa (kandungan gula di dalam susu), fruktosa, telur, dan gluten.

Artikel lainnya: Sering Kembung dan Sakit Pinggang, Waspada Penyakit Ini

2 dari 7 halaman

3. Hindari Makanan yang Bisa Rangsang Produksi Gas Berlebih

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan tubuh memproduksi gas berlebih, seperti makanan yang kaya akan serat. Kebanyakan adalah jenis kacang-kacangan dan gandum utuh. 

Tentu saja mengonsumsi makanan tersebut sangat dianjurkan karena baik untuk kesehatan usus. Namun, jika Anda mengalami masalah begah maka sebaiknya kurangi konsumsinya.

4. Hindari Menelan Udara 

Udara di dalam perut berasal dari dua sumber. Yang pertama adalah gas yang diproduksi oleh bakteri di usus. 

Yang kedua adalah udara yang tertelan saat makan atau minum. Seperti ketika Anda mengonsumsi minuman berkarbonasi, seperti soda.

3 dari 7 halaman

5. Cegah Konstipasi

Konstipasi adalah kondisi sulit buang air besar. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang makan serat atau kebiasaan menahan untuk tidak buang air besar.

Beberapa penelitian menunjukkan konstipasi dapat memperparah gejala begah. Oleh karena itu, konsumsilah cukup sayuran dan buah sebagai sumber serat makanan Anda.

6. Rutin Konsumsi Probiotik

Cara mengatasi perut begah setelah makan berikutnya adalah rutin mengonsumsi asupan kaya probiotik. Gas dihasilkan dari bakteri usus yang memecah serat. Ada banyak jenis bakteri yang terdapat di dalam usus dan sangat bervariasi tiap individunya.

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen probiotik dapat membantu menurunkan produksi gas dan gejala kembung.

Artikel lainnya: Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya? 

4 dari 7 halaman

7. Hilangkan Rasa Bersalah

Saat Anda merasa kekenyangan karena telanjur mengonsumsi makanan secara berlebihan, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Jangan terlalu khawatir mengenai hal ini. 

Apalagi kalau Anda hanya melakukannya sesekali, misalnya saat makan di pesta Natal dan tahun baru.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah konsumsi makanan harian Anda. Kebiasaan yang Anda bangun setiap hari tersebut yang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Jadi, jaga pola makan Anda.

8. Jangan Lewatkan Makan

Saat kekenyangan, perut Anda terasa ingin “meledak”. Anda pun berniat melewatkan waktu makan selanjutnya. Padahal, cara ini akan membuat Anda merasa lebih lapar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan lagi di esok harinya.

Sebagai gantinya, makanlah sayur atau buah dan beberapa protein tanpa lemak, seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, dan tahu.

5 dari 7 halaman

9. Jaga Kondisi Hati

Liver atau hati bertanggung jawab untuk mendetoksifikasi alkohol, memproses lemak, dan membersihkan tubuh dari racun. Organ ini akan bekerja lebih keras dari biasanya saat Anda kekenyangan.

Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan liver setelah kekenyangan, adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti brokoli, kangkung, lemon, dan telur.

Semua bahan makanan ini mengandung senyawa yang membantu liver bekerja optimal setelah makan berlebihan.

10. Minum Banyak Air

Cara mengatasi perut begah berikutnya sangat sederhana, yakni cukup minum air putih. Selain bikin mood buruk dan tidak bertenaga, kondisi kurang cairan juga dapat membuat sistem pencernaan berjalan lamban.

Minum cukup air mampu membersihkan tubuh dari racun dan mendukung hati Anda dalam memproses semua kelebihan makanan. Jadi, penuhilah kebutuhan air minum Anda setiap hari.

6 dari 7 halaman

11. Segera Temui Dokter

Walaupun jarang, begah bisa saja menjadi gejala dari penyakit yang berat. Maka, jika Anda mengalami gejala begah yang cukup lama, segeralah buat janji dengan dokter untuk memeriksakan diri.

Saat perut terlalu kenyang banyak orang merasa tidak enak badan dan ingin berbaring sambil menunggu rasa begah hilang. Padahal, hal tersebut justru akan menghambat pencernaan. 

Daripada berbaring, lebih baik lakukan cara mengatasi begah di atas. Selanjutnya, perhatikan porsi makan Anda agar tidak sampai kekenyangan.

Cari tahu berat tubuh ideal Anda di sini. Untuk berkonsultasi langsung seputar pola makan dan gaya hidup sehat, manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar