Sukses

5 Kiat Atasi Begah Saat Perut Terlalu Kenyang

Saat perut terasa begah, lakukanlah beberapa hal ini untuk atasi rasa terlalu kenyang.

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda ‘lapar mata’dan makan berlebihan, maka biasanya Anda akan mengalami perut yang terasa begah karena terlalu kenyang. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman, sehingga terkadang Anda merasa sedikit tersiksa dan menyesali diri. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk atasi kekenyangan tersebut.

Nah, dikutip dari Netdoctor, berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari rasa tak nyaman saat kekenyangan:

  • Hilangkan rasa bersalah

Saat Anda merasa kekenyangan karena terlanjur mengonsumsi makanan secara berlebihan, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Jangan terlalu khawatir mengenai hal ini.  Apalagi kalau Anda hanya melakukannya sesekali, misalnya saat makan di pesta Natal dan tahun baru.

Yang perlu Anda khawatirkan adalah konsumsi makanan harian Anda. Kebiasaan yang Anda bangun setiap hari tersebut yang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Jadi, jaga pola makan Anda.

  • Jangan lewatkan makan

Saat kekenyangan perut Anda terasa ingin meledak, dan Anda langsung berniat melewatkan waktu makan selanjutnya. Padahal, cara ini akan membuat Anda merasa lebih lapar dan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan lagi di esok harinya.

Sebagai gantinya, makanlah sayur atau buah dan beberapa protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, kacang-kacangan dan tahu.

  • Jangan menimbang berat badan

Setelah mengonsumsi banyak makanan, sebagian besar orang langsung menimbang berat badannya. Jika Anda tak ingin merasa menyesal karena angka timbangan yang melonjak naik, sebaiknya jauhi timbangan. Pusatkan perhatian Anda pada langkah-langkah untuk mendapatkan porsi makanan sehat di waktu makan berikutnya.

  • Jaga kondisi liver

Liver atau hati bertanggung jawab untuk mendetoksifikasi alkohol, memproses lemak, dan membersihkan tubuh dari racun. Organ ini akan bekerja lebih keras dari biasanya saat Anda kekenyangan karena mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan liver setelah kekenyangan, Anda bisa mengonsumsi brokoli, kembang kol, kangkung, lemon dan telur. Semua bahan makanan ini mengandung senyawa yang membantu fungsi liver dapat berjalan optimal setelah Anda makan berlebihan.

  • Minum banyak air

Tetap terhidrasi dengan baik adalah sesuatu yang seringkali dilupakan. Konsekuensi yang didapatkan apabila Anda dehidrasi adalah suasana hati dan tingkat energi yang memburuk. Tak hanya itu, sistem pencernaan pun akan berjalan lamban.

Minum cukup air mampu membersihkan tubuh dari racun dan mendukung hati Anda dalam memproses semua kelebihan makanan. Jadi, penuhilah kebutuhan air minum Anda setiap harinya.

Pada akhirnya, saat perut terlalu kenyang banyak orang merasa tidak enak badan dan ingin berbaring sambil menunggu rasa begah hilang. Namun, hal ini justru akan menghambat pencernaan Anda. Sebaiknya, lakukanlah kiat-kiat di atas untuk atasi kekenyangan. Dan ingat, makan secukupnya tetaplah yang terbaik. Jadi, kontrol diri Anda saat ‘lapar mata’, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar