Sukses

Kiat Menjaga Berat Badan Usai Libur Natal

Makan banyak saat perayaan natal bisa menyebabkan naiknya berat badan. Bagaimana cara menjaga berat badan usai libur natal? Simak di sini.

Bulan Desember sangat identik dengan perayaan Hari Natal. Ornamen pohon Natal dan lampu-lampu yang gemerlap tampak memenuhi kota. Hidangan khas Hari Raya ini pun banyak disajikan, terutama ketika sanak saudara atau kerabat sedang berkumpul.

Berbagai kue seperti ginger bread, permen, cokelat, nastar, dan kue bolu sering disajikan. Selain itu, minuman khas seperti cokelat hangat yang sangat menggambarkan suasana Natal juga turut dihidangkan.

Namun hati-hati, jika tidak memerhatikan dan membatasi konsumsi makanan saat liburan Natal, tubuh bisa melar, kesehatan pun menurun. Lalu, bagaimana cara menjaga berat badan tetap stabil dan tubuh tidak melar saat liburan Natal? Yuk, ikuti kiat-kiat berikut:

1 dari 4 halaman

1. Selektif Memilih Makanan

Bukannya tidak boleh mengonsumsi aneka makanan khas Natal seperti kue-kue, tetapi Anda harus lebih selektif dalam memilih kudapan yang akan dimakan. Pastikan makanan yang Anda nikmati tidak terlalu banyak mengandung gula.

2. Batasi Jumlah Makanan dan Minuman Manis

Jika dalam sehari Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis, maka berhentilah mengonsumsinya di sore hari.

Misalnya saja, ketika di siang hari Anda sudah makan nastar, kue bolu, dan minum susu cokelat, maka saat sore atau malam hari, sebaiknya hanya minum air putih saja. Anda juga disarankan untuk memilih buah sebagai hidangan penutup makan malam.

Artikel Lainnya: Cara Tetap Sukses Berat Badan Turun meski Sedang Liburan

2 dari 4 halaman

3. Tingkatkan Konsumsi Serat

Mengonsumsi makanan berserat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Sumber serat dapat diperoleh dari sayur, buah, dan kacang-kacangan. Makanan berserat bisa dikonsumsi saat makan besar atau dijadikan camilan sehat.

4. Batasi Asupan Garam

Selain menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula, asupan garam juga sangat memengaruhi keberhasilan Anda dalam menjaga berat badan ideal.

Garam memang identik dengan rasa asin. Namun, perhatikan juga asupan yang natrium lain yang terdapat di makanan dan minuman kemasan. Sebab, natrium  merupakan salah satu molekul pembentuk garam dan memiliki sifat yang serupa.

3 dari 4 halaman

5. Perbanyak Aktivitas

Ketika merayakan Natal, pastinya kita lebih sering berkumpul di ruang tamu untuk bercengkrama dan melepas rindu. Jarang sekali memanfaatkan momen tersebut untuk beraktivitas di luar ruangan.

Tidak ada salahnya melepas rindu dengan anggota keluarga sambil jalan-jalan bersama di pagi hari. Aktivitas tersebut dapat membantu membakar kelebihan kalori yang dikonsumsi selama liburan.

6. Tetap Berolahraga

Liburan memang terasa lebih menyenangkan jika dihabiskan dengan jalan-jalan, berkumpul bersama teman, atau makan bersama. Kendati begitu, jangan sampai Anda lupa untuk olahraga, ya.

Agar kalori yang masuk dan keluar tetap seimbang, sempatkan diri Anda untuk tetap berolahraga. Jika tidak sempat berolahraga di luar rumah, Anda bisa lakukan olahraga di dalam rumah seperti jumping jack, skipping, push up, squat, atau olahraga lainnya.

Dengan mengikuti kiat-kiat sederhana di atas, Anda dapat menikmati suasana liburan Natal tahun ini dengan penuh sukacita tanpa harus khawatir tubuh jadi melar atau berat badan bertambah.

Imbangi dengan perbanyak makan buah dan sayuran, serta tetaplah berolahraga, agar tubuh Anda sehat dan bugar selama liburan. Cari tahu tips menjaga berat badan lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar