Sukses

Mengapa Anak Laki-laki Mendadak Centil?

Anda punya anak laki-laki yang mendadak centil? Jangan terlalu khawatir, perubahan ini normal terjadi.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendapati anak laki-laki yang mendadak centil, yang bahkan suka menggoda anak perempuan? Jika ya, Anda tidak perlu heran. Hal ini wajar terjadi pada bocah laki-laki yang berusia sekitar 9 tahun.

Perubahan ini terjadi karena anak memasuki fase prepubertal pada usia tersebut. Pada masa prepubertal, tubuh anak sudah mulai memproduksi hormon reproduksi yaitu testosteron. Namun lonjakan hormon tersebut masih belum stabil.

Memasuki usia 10-12 tahun, lonjakan hormon testosteron sudah semakin sering. Alhasil, anak sudah memasuki masa pubertas pada usia ini. Meski demikian, masing-masing anak mengalami pubertas yang bervariasi.

Hormon testosteron memberikan berbagai perubahan di dalam tubuh si Kecil. Tidak hanya perubahan fisik, testosteron juga menyebabkan perubahan perilaku.

Perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas anak laki-laki adalah pertambahan tinggi badan, pembesaran testis, pemanjangan penis, perubahan komposisi tubuh, serta tumbuhnya rambut pubis dan rambut di wajah. Sementara itu, perubahan perilaku yang terjadi adalah perilaku centil, agresif, malu diperlakukan seperti anak kecil, dan suasana hati yang mudah naik turun.

Memasuki fase pubertas, bocah laki-laki sudah mulai tertarik dengan lawan jenis. Bahkan sudah muncul perasaan suka dan hasrat seksual di dalam dirinya. Itu sebabnya, bocah laki-laki mendadak menjadi centil, padahal Anda sempat mengenalnya sebagai anak baik.

Terkait perubahan ini, Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir secara berlebihan. Ini merupakan fase normal yang dilewati oleh semua anak laki-laki. Anda hanya perlu menjelaskan kepada anak tentang batasan-batasan. Ini penting, agar ia dapat menghargai lawan jenis dan tidak terjerumus ke dalam perilaku negatif.

Dukungan dari orang tua untuk tetap fokus pada kegiatan-kegiatan positif baik di rumah, sekolah dan lingkungan bermain juga sangat penting. Jadilah teman baginya, sehingga ia dapat mengungkapkan apa yang sedang ia rasakan dan alami. Setelah mengetahui penyebab anak laki-laki mendadak centil, Anda diharapkan dapat menanggapi perubahan tersebut dengan bijak.

[BA/ RVS]

1 Komentar