Diet dan Nutrisi

Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

dr. Adeline Jaclyn, 09 Apr 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Setelah menjalankan diet, berat badan kerap kali naik turun. Bagaimana menjaganya? Simak cara mempertahankan berat badan setelah diet di sini.

Cara Jitu Mempertahankan Berat Badan setelah Diet

Ada yang bilang mempertahankan lebih sulit daripada mencapai sesuatu. Hal ini juga berlaku untuk masalah berat badan. Akui saja, tak sedikit orang yang berhasil dengan dietnya justru mengalami kondisi yo-yo.

Artinya, berat badan yang sudah turun kemudian naik kembali seperti semula, bahkan lebih berat dari sebelumnya. Anda tentu tak ingin mengalami hal ini, bukan? Agar terhindar dari kondisi tersebut, berikut adalah cara mempertahankan berat badan setelah diet:

 

1. Mengubah Tujuan Diet

Diet yang benar bukanlah sekadar mengecilkan lingkar perut dan pinggang. Anda juga harus mengubah keseluruhan gaya hidup menjadi lebih sehat. Jika ini yang dijalani, berat badan pun akan terjaga dengan sendirinya.

2. Hindari Diet Instan

Ingat, diet instan tidak akan memberikan hasil yang baik dan optimal. Ikuti aturan diet yang tepat dengan cara menyeimbangkan nutrisi dan berolahraga teratur.

Artikel Lainnya: Tren Diet CICO, Hitung Kalori agar Sukses

3. Motivasi Diri Sendiri

Akhir pekan atau liburan sering kali menjadi pembenaran bagi orang untuk makan tidak sehat atau makan sepuasnya.

Semangati diri Anda agar tidak kembali kepada pola hidup yang lama, misalnya dengan menempelkan sticky notes berisi motivasi di dompet, meja makan, atau meja kantor. Ingatlah perjuangan yang telah Anda lewati hingga tahap ini.

4. Timbang Berat Badan Secara Berkala

Jangan buru-buru membenci timbangan Anda. Menimbang berat badan secara berkala dapat berguna untuk meningkatkan kontrol diri, terutama jika Anda sedang ingin makan tidak sehat. Alhasil, Anda dapat mengerem keinginan-keinginan sesaat yang dapat melambungkan berat badan.

5. Waspada Terhadap Stres

Stres dapat mengacaukan metode diet Anda. Sebab, ketika Anda sedang dalam keadaan tertekan, tidak jarang keinginan makan semakin bertambah.

Untuk mengatasi stres, Anda perlu membuat pikiran kembali segar dengan melakukan hobi, berlibur, curhat dengan orang-orang terdekat, meditasi, atau bahkan berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Diet untuk Dapatkan Berat Badan Ideal

6. Menghitung Kalori Harian

Cara lain untuk menjaga berat badan adalah dengan menghitung kalori harian secara teratur. Menurut survei pengendalian berat badan, para wanita yang berhasil diet adalah yang sukses mengonsumsi kurang dari 1.800 kalori sehari dan membatasi asupan lemak.

7. Sarapan

Penelitian mengatakan, wanita yang rutin sarapan akan lebih berhasil menurunkan berat badan dalam jangka panjang dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

Contoh pilihan sarapan yang baik yaitu oatmeal, yoghurt, dan buah segar. Mulailah hari dengan sarapan untuk menghindari makan siang yang berlebihan.

8. Membangun Otot

Pertahankan metabolisme yang baik dengan membangun otot tubuh Anda. Otot mempunyai metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak. Mulailah berlatih dengan beban sebagai olahraga harian.

9. Rutin Berolahraga

Menurut para ahli, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari selama 5 hari dalam seminggu dapat menjadi cara untuk mempertahankan berat badan setelah diet.

Semakin banyak berolahraga, semakin baik Anda mempertahankan berat badan. Usahakan untuk setidaknya melakukan aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan, naik tangga, joging dan lain-lain.

Artikel Lainnya: Perlukah Cheat Day Saat Diet untuk Turunkan Berat Badan?

10. Perhatikan Jenis Karbohidrat yang Anda Konsumsi

Makan terlalu banyak produk karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan jus buah dapat merusak rencana diet Anda. Sebab, makanan tersebut telah kehilangan serat alaminya.

Diet rendah serat dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Membatasi asupan karbohidrat dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang baik rata-rata adalah 0.5–1 kg per minggu. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai kondisi Anda sebelum memilih metode diet yang tepat.

Setelah diet berhasil, tetap jaga pola hidup Anda dengan baik. Kunci utamanya adalah penerapan gaya hidup sehat dan olahraga teratur.

Apabila masih ada pertanyaan lain seputar cara mempertahankan berat badan setelah diet, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

Tak cuma itu, agar mencapai berat badan yang ideal, Anda perlu mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan per harinya. Gunakan saja Kalkulator IMT dari KlikDokter untuk menghitungnya secara online.

(OVI/JKT)

Pola MakanBerat BadanDiet

Konsultasi Dokter Terkait