Sukses

3 Langkah Diet Sehat untuk Remaja

Bukannya menurunkan berat badan, diet yang salah pada remaja justru bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan.

Klikdokter.com, Jakarta Pola makan sehat merupakan kunci utama pertumbuhan tubuh. Saat masa remaja, tubuh mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Jika tidak memperhatikan pola makan dengan baik, Anda dapat mengalami gangguan perkembangan.

Bila ingin mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan, Anda sebagai remaja dapat melakukannya dengan berpegangan pada beberapa prinsip di bawah ini:

  1. Jumlah kalori

Salah satu kunci diet sehat adalah kandungan kalori yang seimbang. Ingat, Anda membutuhkan jumlah kalori yang cukup untuk menunjang pertumbuhan. Karena itu, hindari pembatasan kalori secara berlebihan.

Jangan makan dalam jumlah porsi yang terlalu sedikit, karena dapat mengganggu pertumbuhan Anda. Sebagai acuan dasar, Anda dapat membagi diet menjadi tiga porsi besar, dan dua kudapan porsi kecil. Jika terbiasa makan secara berlebihan, Anda dapat mengurangi porsinya sedikit demi sedikit.

  1. Kandungan nutrisi

Jangan melupakan makanan yang kaya protein dan kalsium. Contoh makanan kaya protein yaitu daging, susu, dan telur. Pilihlah sumber karbohidrat yang lebih baik untuk kesehatan, misalnya gandum dan nasi merah. Selain itu, Anda juga disarankan makan berbagai buah dan sayuran dalam jumlah cukup.

  1. Berolahraga

Olahraga merupakan penunjang program diet Anda. Pilihlah olahraga dengan komposisi yang tepat, yaitu kombinasi olahraga aerobik dan angkat beban. Olahraga aerobik berguna untuk membakar kalori dan melatih fungsi jantung. Sedangkan olahraga beban berfungsi mengoptimalkan otot dan menambah kekuatan tulang Anda.

Anda merupakan seorang remaja yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menerapkan beberapa langkah di atas. Diet yang tidak sehat justru dapat menimbulkan penyakit dan menghambat pertumbuhan Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar