Sukses

Nyeri Lutut Belum Tentu Pengapuran

Nyeri lutut yang Anda alami belum tentu karena pengapuran sendi atau osteoartritis.

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini nyeri lutut sering dihubungkan dengan pengapuran sendi, terutama jika dikeluhkan oleh mereka yang mulai berusia lanjut. Memang benar pengapuran sendi merupakan salah satu penyebab paling umum dari nyeri sendi. Meskipun demikian, biasanya hanya terjadi pada kelompok usia tertentu.

Kelompok usia yang paling sering mengalami pengapuran sendi adalah usia di atas 50 tahun. Tidak hanya dari usia, pengapuran sendi lutut atau osteoartritis lutut juga sering ditemukan pada orang yang memiliki faktor risiko. Seperti obesitas, riwayat kecelakaan pada lutut, olahragawan, dan berjenis kelamin wanita.

Apabila Anda tidak termasuk dalam kategori yang disebutkan, keluhan nyeri sendi dapat disebabkan oleh hal-hal lain, seperti:

  1. Sindrom Nyeri Patellofemoral

Sindrom nyeri patellofemoral adalah nyeri lutut depan yang dicetuskan oleh gerakan-gerakan tertentu, seperti menekuk lutut saat melompat, squat, naik dan turun tangga, terlalu lama duduk, atau saat berolahraga. Berdasarkan penelitian, sekitar 30% orang yang mengeluhkan nyeri sendi, terutama bagian depan, mengalami sindrom nyeri patellofemoral.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun, pendapat yang berkembang di antara ilmuwan saat ini adalah akibat letak tulang tempurung lutut yang tidak normal, kekakuan otot-otot kaki, serta kelainan bentuk kaki (bentuk kaki X dan kaki O).

  1. Cedera pada Tendon

Nyeri sendi terkadang juga dapat disebabkan oleh gangguan pada tendon atau urat. Cedera pada tendon sering kali disebabkan oleh overuse atau penggunaan yang terlalu berlebihan, seperti olahraga yang terlalu lama dan durasi istirahat yang kurang. Biasanya kondisi ini berhubungan dengan kegiatan olahraga.

Tanda lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah Anda mengalami cedera pada tendon adalah terdapat nyeri tekan pada lutut (karena letak tendon dekat dengan kulit, maka dapat dengan mudah diraba dan ditekan). Jika Anda menekan bagian depan atau belakang lutut dan terasa nyeri serta terlihat bengkak, kemungkinan besar Anda mengalami cedera tendon.

Jadi, nyeri lutut belum tentu disebabkan oleh pengapuran sendi lutut. Masih banyak gangguan kesehatan lainnya yang dapat memicu terjadinya nyeri sendi. Jika Anda merasakan adanya gangguan pada lutut Anda, jangan tunda lebih lama, segera periksakan diri ke dokter.

[RS/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar