Sukses

Konsumsi Parasetamol Saat Hamil, Aman atau Tidak?

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi parasetamol saat hamil dapat berakibat buruk pada janin. Bagaimana fakta medisnya?

Klikdokter.com, Jakarta Saat hamil, seorang ibu harus ekstra hati-hati dengan apa yang dikonsumsinya. Pasalnya, apa yang ibu makan ataupun minum secara tidak langsung berpengaruh terhadap kondisi janin dalam kandungannya. Tak hanya makanan, tetapi juga obat-obatan. Salah satu obat yang sering dikonsumsi adalah parasetamol.

Parasetamol atau asetaminofen termasuk dalam golongan obat bebas (over the counter) yang diberikan pada ibu hamil untuk mengatasi nyeri atau demam. Hingga saat ini, parasetamol diyakini sebagai obat paling aman untuk ibu hamil. Sayangnya, hal ini tidak benar.

Salah satu penelitian di Norwegia yang diterbitkan oleh American Academy of Pediatrics, baru-baru ini menyatakan hal yang berbeda, konsumsi parasetamol selama hamil dapat meningkatkan risiko anak mengalami ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. ADHD adalah gangguan perkembangan dimana anak mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian, hiperaktivitas, dan impulsif.

ADHD sendiri sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, demikian pula dengan parasetamol dan ADHD. Sejauh ini belum ada mekanisme yang jelas yang mendasari hubungan antara kedua hal tersebut. Ada kemungkinan kondisi tersebut disebabkan karena zat asetaminofen memengaruhi perkembangan beberapa neurotransmiter di otak janin. Namun, hal ini pun masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dengan adanya “ancaman” tersebut, bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengonsumsi parasetamol sama sekali. Konsumsi parasetamol dalam dosis dan pada rentang waktu yang tepat masih dianggap aman untuk ibu hamil.

Hal ini turut didukung beberapa pakar dan peneliti di laporan yang sama, yang menyatakan bahwa konsumsi parasetamol dalam waktu 8 hari masih dianggap aman untuk ibu hamil. Konsumsi parasetamol selama lebih dari 29 hari lah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ADHD.

Jadi, tak perlu takut untuk mengonsumsi parasetamol selama atas anjuran dokter dan dengan dosis yang sesuai. Namun yang perlu diingat, obat apa pun yang ingin dikonsumsi, tak hanya parasetamol, ibu hamil harus mengonsultasikannya dengan dokter kebidanan demi kesehatan ibu dan janin.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar