Sukses

Santap Makanan Ini Setelah Anda Melahap Junk Food

Untuk meminimalkan efek junk food pada tubuh, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa makanan-makanan yang masuk dalam kategori junk food tidak menyehatkan tubuh. Meski demikian, kebanyakan orang tetap mengonsumsinya. Bahkan, ada yang makan junk food hampir setiap hari.

Untuk meminimalkan efek buruk junk food pada tubuh, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini:

  1. Konsumsi yoghurt dan buah beri

Konsumsi yoghurt dan buah beri mungkin merupakan perpaduan yang unik. Akan tetapi, dua makanan ini dapat menjaga metabolisme tubuh Anda. Selain itu, yoghurt mengandung bakteri baik yang membantu mengurangi peradangan usus.

  1. Konsumsi teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan. Kandungan ini berkhasiat mencegah kerusakan sel akibat terlalu banyak mengonsumsi junk food. Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa teh hijau membantu menstabilkan kadar gula darah. Hal ini penting dilakukan jika terlalu banyak mengonsumsi permen dan alkohol.

  1. Konsumsi air

Air putih berfungsi sebagai penawar racun. Minum cukup air putih sebelum tidur, racun yang ada di dalam tubuh akan terbuang melalui keringat, urine, ataupun feses pada keesokan paginya.

  1. Konsumsi telur dan sayur

Telur mengandung sistein, yaitu asam amino yang memecah toksin dari alkohol sehingga bisa dikeluarkan melalui urine. Sementara itu, sayuran yang kaya serat (seperti bayam dan tomat) juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sedangkan makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menghambat perjalanan makanan ke dalam usus kecil.

  1. Konsumsi oatmeal

Bila merasa mual setelah makan junk food atau minum alkohol, Anda dapat mengonsumsi oatmeal bercampur irisan buah pir. Perpaduan kedua makanan ini sangat sehat, karena mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan Anda.

  1. Buah yang banyak mengandung air

Blewah, jeruk, persik, dan rasberi adalah buah-buahan yang bisa membantu menghidrasi tubuh. Anda juga dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral melalui buah-buahan tersebut. Beberapa di antaranya juga kaya akan serat, sehingga dapat memperbaiki proses pencernaan.

Menghindari makanan junk food memang tidak mudah, sebab makanan jenis ini memiliki rasa yang khas. Meski demikian, Anda tetap perlu membatasi asupan junk food karena tinggi kalori. Selain itu, makanan ini juga banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Jika dikonsumsi secara berlebihan, Anda berisiko mengalami obesitas, penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan stroke.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar