HomeGaya hidupDiet dan NutrisiKapan Waktu Terbaik Minum Susu?
Diet dan Nutrisi

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu?

Gerardus Septian Kalis, 23 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Minum susu pada waktu yang tepat membuat nutrisinya terserap sempurna oleh tubuh Anda.

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu?

Susu merupakan salah satu asupan yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk minum susu.

Clinical Dietitian & Sport Nutritionist, Emilia E. Achmadi MS., RDN., menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk minum susu berbeda-beda pada tiap orang. Semuanya tergantung dari aktivitas yang dijalani sehari-hari. Meski begitu, ia menyarankan bahwa minum susu sangat baik untuk dilakukan setelah beraktivitas.

Menurut Emilia, jika Anda aktif berolahraga, maka waktu yang tepat untuk minum susu adalah setelah Anda selesai olahraga. Pada saat tersebut Anda akan mendapatkan semua kebaikan susu secara optimal, dan dalam waktu cepat.

Emilia mengungkapkan, setelah seseorang menjalankan aktivitas fisik yang berat, otot-otot di tubuhnya akan ‘rusak’. Selain itu, kadar gula darah juga akan mengalami penurunan, karena kandungan energinya sudah digunakan untuk beraktivitas.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Kalori yang dikandungnya bersumber dari protein dan karbohidrat. Ketika Anda selesai berolahraga, tubuh bagaikan spons yang kering, yang bisa menyerap air. Dalam kondisi tersebut, ketika Anda minum susu, tubuh akan dengan mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam susu.

Jadi bukan minum susu pada saat pagi, siang atau malam, tetapi sesuaikan dengan aktivitas kita,” tutur Emilia. Selain itu, konsumsi susu juga berguna ketika Anda memiliki masalah gangguan tidur.

Kesimpulannya, tidak ada waktu terbaik untuk minum susu. Ini karena susu bisa diminum kapan saja, sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Namun, jangan minum susu terlalu banyak. Selain untuk menghindari efek kekenyangan, hal ini juga bertujuan agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna. 

[NB/ RVS]

proteinMinum Susususu

Konsultasi Dokter Terkait