Sukses

Manfaat Serat untuk Kecantikan Kulit Anda

Tidak hanya menjaga kesehatan saluran cerna, serat juga dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai sabun pencuci muka, toner, serum, dan krim digunakan setiap hari dengan maksud mendapatkan kecantikan kulit yang paripurna. Namun tahukah Anda bahwa ini saja tidaklah cukup?

Faktanya, kulit butuh perawatan dari luar dan dalam. Dari sisi luar, Anda bisa menggunakan kosmetika yang sesuai dengan kondisi kulit. Sedangkan perawatan dari dalam, Anda perlu mengurangi konsumsi santan dan memperbanyak konsumsi serat.

Mengapa Serat?

Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup, setiap hari, dan secara rutin dapat menyehatkan saluran cerna Anda. Apabila pencernaan sehat, buang air besar menjadi lebih lancar, dan Anda akan terhindar dari sembelit atau konstipasi.

Seperti diketahui, buang air besar merupakan mekanisme pengeluaran zat-zat tidak berguna dari dalam tubuh. Jadi, apabila Anda buang air besar dengan lancar setiap hari, tubuh akan lebih terjaga kesehatannya.

Selain itu, pencernaan yang sehat juga berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dan kuat. Dengan ini, Anda akan tampil lebih fresh dan bugar, serta terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak hanya sampai di situ, diet sehat yang tinggi serat juga dapat menurunkan keparahan jerawat, serta membantu proses penyembuhannya. Lebih jauh, serat juga mampu membuat kulit Anda terlihat lebih sehat, cerah, dan tidak kusam.

Berapa Banyak?

Bagi wanita yang ingin mendapatkan kulit cantik dan sehat, rutinlah mengonsumsi serat minimal 25 gram dalam sehari. Beberapa contoh sumber serat yang dapat dijadikan pilihan, di antaranya:

  1. Apel. Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat.
  2. Brokoli. Semangkuk brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat.
  3. Edamame. Dalam 100 gram edamame terkandung 5 gram serat.
  4. Pir. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.
  5. Roti Gandum. Setiap lembar roti gandum mengandung sekitar 2 gram serat.

Serat memang dapat menunjang kecantikan kulit Anda. Tapi ingat, zat gizi ini hanya dapat bermanfaat bila dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat, istirahat cukup, dan berolahraga secara rutin dan teratur. Yuk, makan serat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar