Sukses

5 Alasan Anda Perlu Konsumsi Serat

Tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi serat. Anda salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Serat menjadi asupan yang tidak bisa dilepaskan dari konsumsi sehari-hari. Mengapa demikian? Sebab, senyawa baik ini memberikan sederet manfaat, yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Serat dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat larut dan tak larut.

  • Serat larut

Ini adalah jenis serat yang lembut, lengket, dan dapat menyerap air. Serat jenis ini membentuk senyawa seperti gel di dalam sistem pencernaan. Beberapa sumber serat larut antara lain gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

  • Serat tak larut

Serat jenis ini mendukung kerja sistem pencernaan, karena dapat meningkatkan massa feses. Dengan fungsi ini, serat tak larut sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami konstipasi alias sembelit. Beberapa sumber serat tak larut, misalnya kacang hijau, bayam, kangkung, kol, dan lainnya.

Meski tidak dapat digunakan sebagai sumber energi, Anda tetap perlu mengonsumsi serat setiap hari. Inilah lima alasan mengapa Anda perlu melakukannya:

  1. Pencernaan lebih sehat

Serat, terutama serat tidak larut, dapat memberikan tambahan massa feses. Dengan ini, feses akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari usus.

Konsumsi serat yang cukup setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda, dan mencegah terjadinya konstipasi alias sembelit.

  1. Gula darah lebih terkontrol

Dengan konsumsi serat larut yang cukup setiap hari, profil gula darah Anda akan membaik. Hal ini dapat menurunkan risiko maupun mengendalikan keganasan penyakit diabetes.

  1. Berat badan tetap stabil

Serat tidak larut dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga  membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat mencegah Anda makan  ataupun ngemil berlebihan.

  1. Menurunkan kolesterol

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang normal, risiko penyakit jantung dan stroke menjadi semakin kecil.

  1. Mengurangi risiko kanker

Konsumsi serat secara teratur dihubungkan dengan penurunan risiko kanker usus besar.

Kendati memberikan manfaat baik, Anda tetap harus membatasi asupan serat sehari-hari. Laki-laki dewasa disarankan untuk mengonsumsi 38 gram serat per hari, sementara perempuan dewasa cukup 25 gram per hari.

Pastikan pula Anda mengurangi konsumsi santan. Sebab, dalam setiap 240 gram (1 cangkir) santan mengandung 552 kalori, di mana 479 kalorinya berasal dari lemak.

Yuk, konsumsi sumber serat sehat setiap hari. Dengan demikian, kesehatan tubuh tetap terjaga hingga hari tua.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar