Sukses

Ingin Diet Berhasil? Jangan Lupakan Cheat Day!

Cheat day ternyata berperan sangat penting untuk keberhasilan diet, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Diet merupakan salah satu cara yang paling sering dipilih untuk menurunkan berat badan. Agar tindakan ini memberikan hasil yang maksimal, Anda dianjurkan untuk menerapkan cheat day.

Cheat day adalah hari dimana Anda bebas mengonsumsi apa pun selama diet. Dengan kata lain, Anda boleh makan atau minum apa saja, tanpa perlu menghitung jumlah kalori, menentukan cara memasak, dan jumlah porsinya.

Studi menyebutkan bahwa cheat day yang dilakukan setidaknya 1 hari dalam seminggu dapat meningkatkan keberhasilan diet. Ini karena cheat day dapat bermanfaat untuk:

  1. Mengusir kebosanan

Membatasi jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat membuat Anda jenuh. Faktanya, diet yang terlalu ketat lebih sering berujung pada kegagalan dibandingkan dengan diet yang masih mengizinkan cheat day.

Cheat day membantu Anda merasakan pola makan di luar diet, sehingga bisa memberikan kepuasan tersendiri. Hal ini membuat Anda lebih ceria dan tidak bosan, sehingga Anda akan lebih mudah menjalani diet di hari-hari berikutnya.

  1. Melengkapi kebutuhan gizi

Meski sedang diet, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan lemak dalam sehari. Ini karena lemak berperan penting dalam menunjang fungsi organ tertentu, dan sebagai sumber energi tubuh.

Jika sedang diet dan menerapkan metode cheat day, Anda akan cenderung mengonsumsi asupan berlemak seperti gorengan atau makanan berminyak lainnya. Hal ini bisa membuat tubuh Anda kemasukan lemak-lemak penting, seperti omega 3.

  1. Mengontrol asupan gula

Studi yang dipublikasikan oleh Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care pada tahun 2013 menyebutkan bahwa perilaku cheat day dapat mengurangi ketergantungan seseorang pada gula. Ini berarti cheat day dapat membantu Anda memperbaiki kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula di saat apa pun.

Ternyata cheat day memang terbukti ampuh dalam meningkatkan keberhasilan program diet. Anda tertarik mencobanya?

[NB/ RVS]

1 Komentar