Sukses

Yuk, Cegah Alzheimer dengan Minum Kopi!

Kopi tidak hanya dapat membuat mata terjaga, tapi minuman yang satu ini disebut-sebut sebagai minuman untuk mencegah Alzheimer! Bagaimana bisa?

Kebanyakan orang menganggap bahwa manfaat kopi hanyalah untuk mengusir rasa kantuk. Padahal, kandungan kafein di dalam kopi tak cuma bisa bikin Anda melek, aktif, dan fokus. Ya, minum kopi ternyata dapat mencegah Alzheimer, penyakit yang kerap diderita oleh lansia itu. 

Sekilas tentang Alzheimer

Angka kejadian demensia dan Alzheimer pada usia lanjut terus mengalami peningkatan. Hal itu lantas memicu peneliti untuk terus menemukan cara terbaik dalam mencegah penyakit tersebut. 

Salah satunya, dengan mencari tahu lebih lanjut soal manfaat kopi bagi otak seseorang. 

Nah, penyakit Alzheimer itu sendiri adalah penyakit neurodegeneratif (penurunan kualitas sel atau saraf) yang mengganggu fungsi kognitif seseorang (kesadaran, perasaan, dan lain sebagainya). 

Ini disebabkan oleh penumpukan protein beta amyloid di otak, sehingga komunikasi antara sel di otak jadi terganggu. 

Mudah lupa, bingung, dan sulit melakukan kegiatan sehari-hari (gangguan orientasi) merupakan gejala khas dari Alzheimer. 

Penyakit Alzheimer terjadi secara menahun dan tidak dapat disembuhkan (belum ada obat yang bisa menyembuhkannya 100 persen). Karena belum ada obatnya, mencegah terjadinya Alzheimer adalah cara terbaik. 

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Kopi untuk Rambut Sehat

1 dari 3 halaman

Manfaat Kopi untuk Cegah Alzheimer

Informasi yang mengatakan bahwa manfaat kopi dapat mencegah Alzheimer tentu membawa angin segar buat banyak orang. Pasalnya, kopi bukanlah minuman yang sulit dicari, bahkan banyak juga yang minum setiap hari!

Sebuah studi di tahun 2012 sebenarnya pernah melakukan pengujian kafein terhadap manusia dan hewan. Hasilnya, benar bahwa kafein memiliki efek protektif terhadap penyakit Alzheimer.

Kandungan kopi yang paling berjasa untuk mencegah Alzheimer memang kafein. Zat tersebut dapat menstimulasi sistem saraf pusat dalam jangka pendek. 

Mengonsumsi kafein dalam kopi akan menurunkan risiko serta memperlambat proses pikun. Zat tersebut bisa meningkatkan kadar Granulocyte-colony Stimulating Factor (GCSF) dalam plasma darah. Hal ini membuat sel-sel saraf baru di otak akan terbentuk dan fungsi kognitif bisa terpelihara. 

Selain fungsi kognitif, kandungan kopi yang satu itu pun memengaruhi bagian hipokampus di otak. Hipokampus berperan dalam mengatur memori (ingatan). 

Dalam sebuah penelitian, fungsi hipokampus pada responden yang mengonsumsi kopi ternyata lebih baik daripada responden yang tidak memiliki kebiasaan minum kopi.

Tidak hanya itu, konsumsi kafein dalam jangka panjang mampu meningkatkan produksi cairan otak dan memelihara sirkulasi darah ke otak.

Pada penderita Alzheimer, produksi cairan otak dan sirkulasi darah di otak berkurang. Jadi, dengan meningkatnya produksi cairan serta sirkulasi darah di otak, risiko Alzheimer bisa diminimalkan dan fungsi otak akan terjaga!

Artikel Lainnya: 5 Tanda Alzheimer yang Bisa Dialami Anggota Keluarga Anda

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman Pencegah Alzheimer

Meskipun belum ada pengobatannya, tetapi terdapat berbagai cara untuk menurunkan risiko penyakit ini, termasuk mengetahui makanan minuman pencegah Alzheimer!

Peneliti dari University Medical Center di Chicago, Amerika Serikat menyimpulkan, penerapan pola makan sehat Mediterranean-Dash Intervention for Neurodegenerative Delay (diet MIND) baik untuk pencegahan Alzheimer. 

Ini perpaduan antara diet Mediterania yang biasa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) untuk penderita darah tinggi atau hipertensi

Di bawah ini ada contoh makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk mencegah Alzheimer, antara lain:

  • Kacang-kacangan.
  • Buah beri (stroberi, bluberi, raspberry, blackberry).
  • Ikan.
  • 1 gelas wine per hari.
  • Minyak zaitun.

Karena menurut penelitian kopi juga bisa untuk mencegah Alzheimer, maka Anda juga boleh minum kopi secara teratur dan tidak berlebihan. Batas konsumsi kafein per hari adalah maksimal 400 mg, yaitu sekitar 0,95- 1,12 liter kopi. 

Sedangkan untuk ibu hamil, mereka tidak boleh minum kopi lebih dari 1 cangkir per hari. Hindari juga minum kopi dalam keadaan perut kosong agar asam lambung tidak naik.

Manfaat kopi untuk memelihara fungsi otak pasti bikin senang banyak orang. Sebab, minum kopi dapat dijadikan sebagai cara nikmat dan mudah untuk mencegah Alzheimer di masa mendatang. 

Ditambah pula dengan diet MIND dan pola hidup sehat, maka risiko Anda untuk terkena Alzheimer pasti semakin kecil. 

Bila Anda atau orang tua Anda mulai merasakan gejala dari penyakit ini, segeralah periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat kopi bagi otak, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(AM/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar