Sukses

Anak Sering Mimisan? Hati-hati Hemofilia

Bila anak sering mengalami mimisan, ia mungkin mengalami hemofilia.

Klikdokter.com, Jakarta Darah yang keluar dari hidung biasa disebut mimisan atau epistaksis. Ada begitu banyak penyebab dari keluhan ini, yang paling sering adalah trauma. Misalnya, anak mimisan karena terbentur dengan temannya saat bermain bola atau terpukul teman tanpa sengaja.

Meski tampak sederhana dan tidak berbahaya, mimisan yang terjadi terus-menerus bisa menjadi tanda hemofilia. Hemofilia adalah kelainan yang menyebabkan tubuh kekurangan protein.

Protein ini sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah apabila terjadi perdarahan. Protein ini disebut sebagai faktor pembekuan atau koagulasi.

Dalam keadaan normal, protein yang menjadi faktor pembeku darah membentuk jaring penahan di sekitar sel darah. Darah dapat membeku dan perdarahan pun berhenti.

Sedangkan pada penderita hemofilia, kekurangan protein yang menjadi faktor pembeku darah mengakibatkan perdarahan berkepanjangan. Hemofilia merupakan penyakit keturunan yang langka.

Penderita hemofilia yang sedikit kekurangan faktor pembekuan darah, biasanya mengalami perdarahan karena terbentur atau iritasi. Sementara itu, penderita yang banyak kekurangan faktor pembekuan darah, biasanya mengalami perdarahan spontan tanpa penyebab.

Pada keadaan normal, mimisan akan berhenti saat dilakukan penekanan pada sumber perdarahan. Jadi, Anda dapat menekan hidung selama 5-10 menit. Namun bila perdarahan berlangsung lebih lama dan lebih dari tiga kali dalam seminggu, Anda dapat segera memeriksakan anak ke dokter.

Dengan menjalani perawatan yang tepat, anak yang menderita hemofilia dapat menjalani kehidupan yang normal. Anda juga perlu menghindarkan anak dari aktivitas yang melibatkan kontak fisik, seperti olahraga bela diri.

Mimisan ringan mungkin tidak menimbulkan dampak yang berbahaya. Namun mimisan yang terus-menerus dapat menyebabkan volume darah berkurang. Hal ini tentu berdampak buruk terhadap kesehatan anak, seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Bahkan, kematian mungkin saja terjadi bila tidak segera diatasi.

Karena itu, bila anak mengalami mimisan terus-menerus disertai gejala yang tidak biasa, Anda dapat segera membawanya ke dokter. Ini penting, supaya anak mendapatkan penanganan tepat sebelum hal buruk terjadi.

[BA/ RVS]

1 Komentar

  • Nadya Dwi Purwanti

    Saya juga kalau mimisan keluar nya bnyak banget.. Sampe saya punya ank pun masih suka begitu. Pas di periksa katanya tak ada masalah