Sukses

Benarkah Menelan Sperma Bisa Bikin Hamil?

Apakah menelan sperma saat seks oral dapat menyebabkan kehamilan?

Klikdokter.com, Jakarta Seks sering kali dianggap tabu di Indonesia. Tak heran jika masih ada banyak kesalahpahaman mengenai hal yang satu ini. Salah satunya adalah kepercayaan bahwa wanita yang menelan sperma akan hamil.  

Faktanya, menelan sperma tidak akan menyebabkan kehamilan. Setelah masuk ke dalam tubuh, sperma akan turun ke saluran pencernaan melewati organ lambung. Lambung sendiri memiliki kadar pH sebesar 1,3–3,5 yang sifatnya asam. Sementara sperma tidak mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang asam.

Selain itu, saluran pencernaan dan rahim dihubungkan oleh aliran pembuluh darah, dan sperma tidak dapat berjalan maupun hidup lama di dalam aliran darah.

Secara normal, kehamilan akan terjadi apabila sperma bertemu dengan sel-sel telur yang sudah matang. Sperma masuk ke dalam tubuh dengan cara penetrasi atau masuknya penis ke dalam vagina.

Setelah ejakulasi, sperma yang jumlahnya banyak akan masuk ke dalam rahim untuk mencari lokasi sel telur yang sudah matang. Di dalam vagina sperma dapat bertahan hidup selama 3–5 hari, sedangkan di luar vagina sperma hanya dapat bertahan hidup selama 3 menit.

Beberapa aktivitas seksual lainnya yang juga sering dianggap dapat menyebabkan kehamilan adalah berciuman, tidur seranjang, fingering, dan masturbasi. Padahal keempat hal tersebut tidak dapat membuat seorang wanita hamil.

Seks adalah sesuatu yang alamiah. Anda tak perlu canggung untuk membuka diri dengan informasi tentang seks. Seks bukan hanya persoalan hubungan intim, tetapi juga kehamilan, kontrasepsi, dan sebagainya. Agar tak terseret ke dalam mitos-mitos yang justru dapat menjerumuskan, edukasi diri Anda dengan banyak membaca atau mengikuti forum diskusi seputar seks.

Bagi orang tua, bekali anak dengan pendidikan seks sejak dini. Pelajari juga bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikannya kepada anak. Singkirkan rasa malu. Jangan sampai anak malah terjerembap ke dalam pengetahuan yang menyesatkan.

Jadi, sekali lagi, bisa dipastikan bahwa menelan sperma tidak akan menyebabkan kehamilan. Begitu juga dengan aktivitas seksual lainnya seperti berciuman, tidur seranjang, fingering, dan masturbasi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar