Sukses

Awas, Tukak Lambung Bisa Sebabkan Kematian

Tukak lambung yang tidak diobati dengan benar bisa menyebabkan lambung pecah, yang berujung pada kematian.

Klikdokter.com, Jakarta Tukak lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering dianggap sepele. Padahal, kondisi ini dapat menyebabkan lambung pecah, yang dapat berujung pada kematian.

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat terkikisnya lapisan diding lambung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh:

  • Infeksi bakteri H pylori
  • Penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS)
  • Konsumsi alkohol berlebihan, dan kebiasaan merokok
  • Stres fisiologis berat
  • Faktor genetik.

Dari beberapa keadaan di atas, infeksi bakteri H pylori dan penggunaan obat golongan OAINS dalam jangka panjang merupakan dua penyebab tersering dari tukak lambung

Tukak lambung yang tidak diobati dengan baik dan benar dapat semakin merusak lapisan lambung. Hal ini lama-kelamaan dapat memicu terjadinya lambung pecah (perforasi gaster), yang dapat menyebabkan isi lambung keluar.

Jika lambung pecah sudah terjadi, penderita akan mengalami nyeri yang sangat hebat, dan terjadi secara mendadak. Penderita juga dapat mengalami penurunan kesadaran akibat perdarahan di dalam rongga perut.

Tak hanya sampai di situ, isi lambung yang keluar akibat lambung pecah juga dapat menginfeksi organ-organ di sekitarnya. Jika sudah masuk ke tahap ini, penderita perlu segera dioperasi untuk memperbaiki organ yang rusak serta mengatasi perdarahan yang terjadi. Jika tidak, penderita berisiko tinggi untuk kehilangan nyawanya.

Melihat bahayanya kondisi di atas, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter jika memiliki tukak lambung atau masalah lambung lainnya. Dengan ini, lambung pecah atau komplikasi berbahaya lainnya dapat segera dicegah.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar