Sukses

Awas, Depresi Picu Bunuh Diri Seperti Jonghyun SHINee

Anggota boyband SHINee, Jonghyun, meningggal dunia. Penyanyi asal Korea Selatan itu dikabarkan bunuh diri karena depresi.

Klikdokter.com, Jakarta Anggota boyband SHINee, Kim Jong-hyun alias Jonghyun, meninggal dunia pada Senin, (18/12/2017). Penyanyi dari salah satu boyband ternama di Korea Selatan itu diduga bunuh diri karena depresi. Akan tetapi, tidak ada yang tahu persis tentang penyebab depresi yang dialami oleh Jonghyun.

Sampai saat ini, dunia medis juga belum mengetahui pasti penyebab depresi. Namun penyakit ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti perubahan biologis, ketidakstabilan reaksi kimiawi di dalam otak, perubahan hormon, dan keturunan.

Faktor lain yang juga menyebabkan depresi yaitu kepercayaan diri yang rendah, mengalami kejadian traumatik. Ketergantungan terhadap alkohol atau obat-obatan terlarang, dan sedang menderita penyakit kronik juga dapat memicu depresi.

Orang yang mengalami depresi akan mengalami penurunan emosi, sehingga terus-menerus merasa sedih dan kehilangan gairah. Bila benar Jonghyun SHINee mengalami depresi, kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitasnya sebagai individu.

Gangguan depresi juga kerap disebut-sebut sebagai salah satu penyebab seseorang nekat bunuh diri. Manual diagnosis gangguan jiwa di Amerika Serikat mengungkapkan, salah satu gejala depresi berat yaitu muncul keinginan untuk melakukan bunuh diri, lantaran merasa diri tidak berguna dan tidak berarti.

Selain itu, ada suatu gangguan depresi yang muncul dengan ciri psikotik. Gejala psikotik pada umumnya berhubungan dengan suasana hati. Pasien depresi berat dengan ciri psikotik sering mengatakan perasaan bersalah yang dalam, disertai suara-suara pada diri penderita yang memerintahkan untuk mengakhiri hidupnya.

Depresi dapat bertambah parah bila tidak diobati. Depresi yang tidak diobati dapat mengakibatkan masalah emosional, perilaku, dan masalah kesehatan yang dapat berujung pada kematian.

Sebelum hal buruk terjadi, penderita depresi perlu mendapatkan penanganan yang tepat. penderita depresi perlu memperoleh pemeriksaan dari psikiater. Ini penting, agar psikiater dapat menemukan penyebab dan pengobatan yang sesuai.

Karena itu, bila menemukan gejala depresi pada diri sendiri atau orang lain, Anda perlu segera menemui psikiater. Jangan sampai kisah seperti Jonghyun SHINee yang bunuh diri karena depresi muncul kembali.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar