Sukses

Virus Flu Lebih Parah Menyerang Pria Daripada Wanita

Terdapat banyak perbedaan fisiologis antara pria dan wanita, termasuk dalam hal merespons virus flu.

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan di Kanada mengungkapkan, penyakit flu yang menyerang pria bisa lebih ganas ketimbang wanita. Bahkan pria lebih mungkin meninggal karena flu dibanding wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi?

“Bukti dalam penelitian saat ini menunjukkan, pria memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah daripada wanita, terutama bila menyangkut infeksi pernapasan virus yang umum,” kata Sue.

Untuk membandingkan bagaimana gejala flu di antara pria dan wanita, Sue meninjau sejumlah penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa ketika serangan flu terjadi, pria dewasa menghadapi risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit daripada wanita.

Selain itu, dalam menghadapi flu dan penyakit pernapasan, pria menghadapi risiko lebih tinggi untuk terkena komplikasi daripada wanita. Artinya, mereka lebih mungkin meninggal karena flu dibandingkan wanita.

Sue mengakui bahwa masih diperlukan lagi banyak penelitian terkait dampak virus flu pada manusia. Meski demikian, jika virus flu memang dapat menyerang pria lebih parah, itu berarti pengobatan flu harus disesuaikan dengan gender.

Mengenali gejala flu

Banyak orang mengira bahwa flu sama dengan pilek karena kemiripan gejalanya. Namun anggapan ini tidaklah tepat.

Jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa. Di samping itu, flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek, muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak pada aktivitas penderita.

Virus flu dapat menular melalui butiran liur yang dikeluarkan oleh penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu juga bisa menjadi media penularan. Jadi berhati-hatilah agar tidak tertular oleh virus ini. Jika Anda sudah tertular, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]

2 Komentar